Kejar Investasi dan Ketersediaan Lapangan Kerja, DPM PTSP Sinjai Permudah Layanan Perizinan

by -42 views
Wira Pedagang Pasar Sentral Sinjai Saat Menerima Izin Usaha Dari DPM-PTSP Kabupaten Sinjai

SULAWESIPOS.COM, SINJAI – Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Sinjai adalah penyelenggara suatu perizinan dan nonperizinan yang mendapat pendelegasian wewenang dari instansi yang memiliki kewenangan yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap permohonan sampai dengan tahap terbitnya dokumen yang dilakukan dalam satu tempat.

Menurut Seksi Pemberdayaan DPM PTSP Kabupaten Sinjai Makmur menjelaskan bahwa untuk menghapus potret perizinan berusaha di daerah saat ini masih memiliki sejumlah masalah, seperti membutuhkan biaya besar, lamanya waktu penyelesaian, serta alur birokrasi yang panjang dan untuk merubah iklim perekonomian di Kabupaten Sinjai pihaknya terus gencar ke lapangan guna melakukan sosialisasi terhadap masyarakat pelaku usaha.

Menurutnya, Kabupaten Sinjai menargetkan dapat menyerap tenaga kerja yang mampu mengelola sumber daya alam sesuai dengan bidangnya, dan yang paling penting adalah menyediakan akses  lapangan kerja bagi pelaku usaha produktif.

“Untuk memberi pemahaman kepada masyarakat dalam mendukung
<span;>penyelenggaraan perizinan berusaha guna meningkatkan investasi di daerah,” jelas Makmur

“Dan selama ini lanjutnya, selain terjun langsung ke lapangan guna menemui sejumlah pelaku UMKM dan UKM juga pihaknya diharapkan dapat menyederhanakan perizinan berusaha di daerah terutama dalam situasi pandemi covid 19,” katanya.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat membangun sinergitas pemerintah bersama dengan masyarakat guna mengoptimalkan urusan perizinan di daerah, untuk meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha.

“Diharapkan dapat tercipta optimalisasi terselenggaranya perizinan berusaha di DPM-PTSP, serta mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan pada akhirnya mampu memberikan kontribusi dalam pemulihan ekonomi daerah.

Makmur S Sos pegawai DPM PTSP yang menjabat Seksi pemberdayaan Usaha sejauh ini telah menemui para pelaku usaha guna diberikan pemahaman bahkan langsung ke tempat tempat para pelaku yg ada.

“Selain terus menghilangkan trauma pelaku usaha terkait sulitnya mendapatkan ijin usaha secara gratis, juga usaha kami yang lain adalah melakukan upaya peningkatan pemberdayaan manusia khususnya dibidang usaha mandiri serta bisa mengundang investasi masuk didaerah Kabupaten Sinjai,” ujarnya.

Terpisah salah satu pedagang yang akrab disapa Wira merasakan layanan PTSP Sinjai, dimana mendapatkan ijin usaha secara gratis cepat tanpa harus menunggu lama.

“Alhamdulillah kami sebagai masyarakat pedagang dipasar sentral Sinjai, kami sudah menikmati betapa mudahnya untuk mendapatkan ijin usaha yang difasilitasi secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai,” ujar Wira.

Ahmad Alif Jalaluddin