Bupati Sinjai Serahkan Ranperda APBD 2021, Andi Olivia Batari Sugi Minta Pemerintah Fokus Peningkatan SDM

by -123 views
Andi Olivia Batari Sugi Anggota DPRD Kabupaten Sinjai | Politisi Milenial Partai Kebangkitan Bangsa

SULAWESIPOS.COM, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (AS) menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 untuk dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Rabu (30/6/2021).

Penyerahan Ranperda dalam Rapat Paripurna DPRD Sinjai ini berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD dan dihadiri oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa bersama dengan Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, Sekda Sinjai Drs. Akbar, para Asisten dan staf Ahli Bupati.

Dalam pidato pengantarnya, Ketua DPRD Sinjai, Lukman H Arsal mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah maupun DPRD selaku unsur penyelenggara pemerintahan daerah memiliki tanggung jawab untuk melindungi, melayani, memberdayakan serta mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020 tersebut dilakukan demi memenuhi amanah konstitusi, dan sebagai bentuk komitmen Dewan untuk mendorong peningkatan kinerja pemerintahan daerah dalam upaya pemenuhan tujuan utama pembangunan yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sinjai.

Selain itu, hal ini juga merupakan bagian dari upaya bersama untuk terus mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, khususnya pemenuhan azas pertanggungjawaban, transparansi dan akuntabilitas dalam penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

“Untuk itulah, Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang kita susun setiap tahun, tidak sekedar dijadikan pemenuhan tanggungjawab konstitusional tetapi merupakan upaya untuk memberikan data dan informasi yang transparan dan lengkap mengenai realisasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 tersebut dirangkaikan dengan penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi.

Salah satunya fraksi Bintang Kebangsaan melalui ketua fraksinya Andi Olivia batari sugi dengan penjabarannya  menyampaikan beberapa hal baik berupa pendapat, saran dan kritik baik bentuk dukungan untuk dijadikan pemahaman bersama

“Kami sampaikan pandangan umum fraksi Bintang Kebangsaan terhadap bentuk pertanggung jawaban APBD kabupaten Sinjai tahun anggaran 2019 mengharapkan menyusun kembali skala prioritas pembangunan dan mengedepankan peningkatan kapasitas SDM untuk terwujudnya masyarakat yang mandiri,” ungkap Politisi Milenial PKB ini.

Kemudian dilanjutkan menurutnya bahwa kapasitas SDM sangat dibutuhkan untuk mencapai kemandirian masyarakat sebagai solusi memecahkan semua masalah dengan berbagai kondisi yang sifatnya force mayor.

“Diminta Pemerintah agar melakukan peningkatan pelatihan dan keterampilan serta meningkatkan sarana literasi masyarakat agar melahirkan individu yang berkualitas,” ungkap Olivia yang juga salah satu politisi milenial yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai PKB Kabupaten Sinjai.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sinjai ini juga menambahkan bahwa, masalah aksessibilitas antar wilayah seperti warga pulau sembilan juga perlu menjadi atensi pemerintah daerah dimana warga kepulauan masih minim pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur.

“Kami juga menaruh harapan besar agar pemerintah dapat memprioritaskan masyarakat yang berada di pulau sembilan dimana untuk memenuhi kebutuhan air bersih serta pembangunan infrastruktur lainnya masih jauh dari layak,” pungkasnya.

Ahmad Yusuf Al-Fatih