Seminar Kompolnas, Pudji Berharap Pemolisian di Era Pandemi Menjadi Acuan Polri

by -234 views

SULAWESIPOS.COM, JAKARTA — Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) selenggarakan Seminar Pemolisian di Era Pandemi Covid-19 menyoal Pelanggaran Protokol Kesehatan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (17/20).

 

Seminar tersebut dikupas dengan sangat detail bersama narasumber yang hebat yakni Prof. Dr. Gayus Lumbuun, S.H. dan Dr. Sutrisno, M.Si ditambah narasumber dari PP Polri.

 

Seminar diselenggarakan untuk menghasilkan suatu bahan masukan kepada Polri tentang metode permolisian di era pandemi Covid-19. Anggota Kompolnas sekaligus selaku Plt. Sekertaris Kompolnas Irjen Pol (purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM memberikan sambutan dan membuka seminar tersebut secara resmi.

 

“Polri, pada satu sisi memiliki tugas-tugas rutin sebagai aparat penegak hukum dan penjaga ketertiban umum, sementara di sisi lain menjadi pihak yang diandalkan untuk menegakkan aturan PSBB. Pada saat yang sama, seluruh personel Polri di lapangan juga harus meningkatkan kewaspadaan bagi dirinya masing-masing karena kemungkinan tertular virus ini juga besar.,” jelas Pudji Hartanto dalam sambutannya.

 

Melihat kondisi saat ini, dimana Polri tidak mungkin melaksananakan program Work From Home (WFH) dalam upaya penertiban maka Polri turun ke lapangan untuk merazia pelanggar protokol kesehatan sebagai wujud pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia yang membutuhkan kedisiplinan pada banyak aspek terhadap kehidupan Sosial Masyarakat dalam situasi pandemi.

 

Salah satunya Pemerintah memperkuat kewajiban physical distancing melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Peraturan Kementerian Kesehatan (Permenkes) No. 9 Tahun 2020.

 

Pudji berharap pelaksanaan Seminar tersebut berjalan dengan baik dan produktif, serta hasilnya betul-betul nantinya menjadi acuan bagi Polri kedepan.

 

“Melalui metode Permolisian di era pandemi Covid-19 yang direkomendasikan, menjadi bahan Polri dalam mengatasi adanya pelanggaran protokol kesehatan dengan indikator berkurangnya pelanggar protokol kesehatan dan tentunya kita berharap pandemi Covid-19 segera berakhir,” pungkas Pudji.

 

 

Editor:  HR*