Singgung Soal Pertanian, ZAS Terpilih Menyediakan Pupuk dan Bibit Gratis Untuk Petani

by -557 views

SULAWESIPOS.COM, SELAYAR— Pasangan calon nomor urut 1 Dr. Zainuddin – Aji Sumarno (ZAS) dalam debat kandidat kedua menegaskan keberpihakan pada sektor pertanian di kepulauan Selayar.

Demikian disampaikan oleh calon Wakil Bupati nomor urut 1 Aji Sumarno yang mengusung tagline perubahan saat menjawab pertanyaan panelis debat publik.

“Zainuddin – Aji Sumarno terpilih memastikan Petani kita di Kepulauan khususnya di pulau Jampea yang potensi di sektor pertanian harus mendapatkan pupuk dan bibit gratis,” tegas Aji Sumarno.

Selain itu, Aji sapaan akrabnya menyinggung tentang potensi daerah kecamatan lain di Kepulauan,  misalkan di Kecamatan Pasilambena. Pihaknya menyampaikan dalam kesempatan itu akan membuat kebijakan soal pengendalian harga komoditi Selayar yang selama ini menjadi keluhan masyarakat Selayar.

“Kalaotoa punya potensi kelapa yang harus perhatikan kedepan, selama ini masyarakat mengeluhkan harga sehingga kalau ZAS mendapat amanah dari masyarakat akan mengeluarkan kebijakan soal pengendalian harga komoditas kopra,” ujar Aji.

Salah satu strateginya, lanjut calon Wakil Bupati nomor urut 1 Aji Sumarno adalah dengan melalui PERUSDA sebagai lembaga ekonomi kerakyatan. Kedepan pemerintah dibawa kepemimpinan Dr. Zainuddin – Aji Sumarno akan menggelontorkan anggaran puluhan milyar untuk dikelola oleh Perusahaan Daerah.

“Fungsi PERUSDA akan ditingkatkan kedepan sebagai lembaga ekonomi kerakyatan gunanya untuk mengendalikan harga komoditi unggulan di Selayar,” turut Aji Sumarno mengakhiri tanggapannya disegmen pertama.

Sekedar diketahui, debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar tahap kedua masih berlangsung di Hotel Four Points, Jl Andi Jemma Makassar, Rabu (02/12/2020).

Dari pantauan kami, pasangan calon nomor urut 1 Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H – Aji Sumarno B, S. STP., M.M nampak mengenakan pakaian putih sebagaimana debat pertama.

Sementara Pasangan calon nomor urut 2 Muh Basli Ali – Zainuddin mengenakan pakaian kamera biru.

Debat kandidat kali ini akan dipandu oleh Mudrikan Hidayat Nacong selama tiga kurang lebih 2 jam kedepan. Seluruh Forkopimda juga tampak hadir dalam acara debat terakhir.

 

 

HR*