Paslon ZAS Menang, Gaya Kepemimpinan Ini Yang Akan Diterapkan

by -338 views

SULAWEESIPOS.COM, SELAYAR — Debat Kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terus berlangsung. Dari pantauan, pertanyaan demi pertanayan pun terjawab dengan detail oleh masing-masing paslon.

Pada satu kesempatan menanggapi pertanyaan panelis soal pemerintahan, pasangan calon nomor urut 1 Dr. Zainuddin – Aji Sumarno mengungkap jika terpilih nantinya akan menerapkan gaya kepemimpinan yang situasional.

Gaya kepemimpinan situasional ini menurut Dr. Zainuddin adalah paling efektif untuk diterapkan kedepan dalam menjalankan roda pemerintahan di Kepulauan Selayar.

“Dari teori manajemen kepemimpinan yakni otoriter, fathernalistik, dan demokratis maka saya menyimpulkan bahwa gaya situasional adalah paling efektif dilakukan,” ungkap Zainuddin.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa gaya kepemimpinan ini sangat bergantung pada kondisi aparatur. Apabila aparatur itu punya prestasi maka wajib untuk diberikan apresiasi oleh pimpinan.

Begitun pun sebaliknya, ketika aparat negara melakukan sebuah kesalahan yang berbentuk pelanggaran tentu harus diberikan hukuman.

Olehnya itu, Zainuddin mengatakan bagwa ketegasan itu sangat penting dilakukan oleh seorang pemimpin. Namun demikian, harus disesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Kalau aparat kita berprestasi maka wajib hukumnya diberikan reword, begitupun sebaliknya kalau bawahan yang melakukan pelanggaran harus didisplinkan,” tegasnya.

 

Editor; HR*