Gabriel Lele : Akselerasi Pembanguanan Papua Harus dipercepat

by -161 views

SULAWESIPOS.COM, JAKARTA – Gugus Tugas Papua UniversiGatas Gaja Mada (UGM) menyelenggarakan webinar internasional Papua Strategic Policy Forum #8  dengan tema “Membangun Strategi Perdamaian di Papua; Ingatan Kritis dan Agenda Masa Depan”, Sabtu (28/12/2020) siang.

Gabriel Lele, PhD dari Universitas Gaja Mada menilai Konflik di Papua sangat Kompleks, yang dapat dibagi ke dalam 3 point. Pertama, persoalan Historical-ideological, yang mana ini berkaitan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia dan Papua yang punya akar berbeda terutama dari akar rasnya.

Kedua persoalan politik ekonomi yang mana persaingan yang selalu meminggirkan Papua khususnya oleh Jakarta.  Ketiga adalah perspektif modernisasi yang mana proses ini selalu mengedepankan pengendalian dari pusat, bukan dari partisipasi masyarakat papua sendiri.

“Soal lain misalnya, ada deprivasi di faktor ekonomi. Di Papua, saat ini banyak orang-orang migrant justru menguasai native Papua itu sendiri. Juga berkaitan dengan infrastuktur yang dibangun di Papua,” katanya.

Ia mengatakan bahwa jika ada yang bertanya siapa yang bermain di Papua, maka menurutnya, itu soal clas lembaga. Hal itu menjadi catatan, karena mengatas namakan pembangunan, tetapi lembaga modern meminggirkan lembaga-lembaga agama, tradisional adat.

“Oleh karena itu, harus dilakukan adalah; pertama merekognisi kembali pembangunan agar lebih kontekstual dengan Jalan Papua.  Kedua afirmasi. Ketiga akselerasi pembanguanan Papua harus dipercepat,” ucapnya.