Webinar Hari Pahlawan, HMI: Pemuda Papua harus Berkolaborasi Menjaga NKRI

by -169 views

JAKARTA, SULAWESIPOS – Perhimpunan Pemerhati dan pemikir Indonesia Timur (P3IT) berkerjasama dengan Ikatan Kekeluargaan Pelajar Mahasiswa Sulawesi Selatan (IKAMI) Cabang Jaya Pura, memperingati hari sumpah pemudah dan hari pahlawan dengan acara seminar berani yang bertajuk; Peran Pemuda Papua dalam Menjaga dan Merawat NKRI, lewat rapat Zoom, Senin (16/11/2020).

Ketua Badko Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Papua dan Papua Barat, Hardi Arifianto, mengatakan, perkembangan Pemuda papua dan papua barat sudah banyak mengisi kemerdekaan dengan ikut mengabdi di tingkat nasional. Karena itu, menurutnya, kedepan hal ini perlu dipertahankan.

Ia mengatakan, bahwa dalam merawat Indonesia, pemuda papua harus berkolaborasi, contoh paling kecil dengan berkarya, mengedukasi masyarakat.

“Kita berkolaborasi dengan pemuda-pemuda papua, yaitu bedah buku yang mana buku itu ditulis oleh pemuda papua, salah satu sikap kita dengan berkarya dan mengedukasi masyarakat ”ujarnya.

Ditempat yang sama, aktifis Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Kaharuddin, mengatakan bahwa pemuda dalam sejarahnya sudah berkontrubusi pada negara ini, bahwa indonesia merdeka tak lepas dari peran pemudanya. Indonesia adalah negara yang unik, terdapat banyak pemuda-pemuda yang berkontrubusi untuk kemerdekaan Indonesia.

“Yang penting bagi pemuda berkontrubusi, baik itu ide, gagasan, dan pemikiran untuk kemajuan bangsa Indonesia” tambahnya

Menurutnya lagi, saat ini daerah yang tertinggal, daerah sedikit akses, daerah yang sulit dicapai sudah dapat meretas kepemimpinan ditingkat nasional.

“Terbukti bahwa dari Papua sudah sangat berguna nasional, seperti Bahlil Lahadalia, mantan ketua DPD HIPMI Papua, terus ada juga mantan ketua KNPI, Rifai Darus, ada juga Stafsus Presiden, Billy Mambrasar, asli orang Papua” jalasnya

Ia menilai, hal itu menunjukkan di dalam negara ini, semua orang punya hak, semua wilayah punya hak yang sama, dan komposisi kabinet saat ini diisi oleh orang-orang keterwakilan dari daerah.