Momentum hari Pahlawan, Kemenpora: Pemuda Papua miliki Jiwa Kepemimpinan

by -166 views

JAKARTA, SULAWESIPOS – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemudah dan hari pahlawan, Perhimpunan, pemerhati dan pemikir Indonesia timur (P3IT) berkerjasama dengan Ikatan Kekeluargaan Pelajar, Mahasiswa Sulawesi Selatan (IKAMI) Cabang Jaya Pura mengadakan seminar berani yang bertajuk; Peran Pemuda Papua dalam Menjaga dan Merawat NKRI, lewat rapat Zoom, Senin (16/11/2020).

Dalam kesempatan itu Dr. H. Mustading Taggala, S.Psi, .M.Si selaku Humas Deputi Pengembangan Pemuda Kemempora RI, menyebutkan, dalam momentum hari sumpah pemuda dan hari pahlawan, pemuda harus memiliki jiwa kepemimpinan. Kepemimpinan bagian dari integritas yang harus dimiki oleh kita semua baik secara pribadi maupun institusional guna menopang artikulasi yang terus berkembang.

Ia mengatakan, yang harus dimiliki pemuda adalah kemampuan secara personal maupun komunal dalam suatu organisasi.

“Secara paraler kita harus membangun kemampuan diri kita secara personal, maupun kemampuan organisasi kita secara komunal, atau komunitas-komunitas yang kita miliki” ucap Mustading Taggala saat mengisi kegiatan webinar.

Ia pun menghimbau agar pemuda di papua tidak lagi mengatakan tidak layak bersaing karena tinggal di papua. Menurutnya, dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini semua orang bisa belajar yang tidak dibatasi dari daerah manapun.

“Sekarang hampir semua orang bisa belajar dari berbagai macam tempat, bisa mengakses informasi dimanapun berada, kita bisa kursus dibelahan manapun berada, dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti yang ada sekarang ini” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa sekarang banyak anak muda yang tinggal dipedesaan tapi bisa menghasilkan trobosan. Seperti contoh yang ada di Sulawesi Selatan, seorang pemuda bekerja di benkel tetapi kemampuannya mampu menciptakan pesawat.