ZAS Kompak Kampanye Terbatas, Zainuddin di Gusung, Aji di Liaganda

by -272 views

SULAWESIPOS.COM, SELAYAR — Pasangan calon Bupati nomor urut 1 Dr Zaenuddin – Aji Sumarno dengan akronim ZAS melakukan kampanye terbatas di dusun Gusug Barat Desa Bontolebang (Kamis, 12/11).

Team ZAS bersama rombongan berangkat  dari taman pusaka menuju dermaga Dusun Gusung Barat dengan menggunakan dua unit  perahu dan menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit.

Sesampai dilokasi kampanye masyarakat terlihat antusias menyambut kedatangan H. Zainuddin dan bersama team kampanye.

Hadir sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh Ibu. Kampanye kurang lebih 50 peserta diatur sesuai jarak tempat duduk dengan mematuhi standar protokol kesehatan covid-19.

Orasi politik pertama disampaikan H. Suwadi anggota dewan Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Kepulauan Selayar bahwa tahun ini adalah tahun Pilkada.

“Mari kita sambut pilkada sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap perbaikan sistem demokrasi kita di Indonesia khususnya Kabupaten Kepulauan Selayar,” kata Suwadi.

Bukan hanya Selayar yang melakukan Pilkada, lanjut dia, ada beberapa kabupaten kota di Sulawesi Selatan termasuk pemilihan walikota Makassar. Artinya pilkada ini adalah regulasi yang diatur pemerintah. Setiap lima tahun sekali. Fungsinya untuk  mendapatkan pemimpin yang sehat, jujur dan bersih.

Selain itu, H Adi mengatakan bahwa lima tahun masyarakat sudah rasakan bagaimana pemerintahan Basli Ali. Saatnya masyarakat Gusung mengevaluasi kinerja pemerintah. Hal itu merupakan haknya Bapak Ibu. Masih ingat, Ada 14 program gratis yang dikampanyekan tahun 2015 lalu diantaranya bantuan sapi, bantuan kambing, bantuan modal 7,5 JT/K, penyangga harga komoditas melalui perusda dan masih banyak bantuan lain.

“Di dusun sini ada yang terealisasi?” tanya H. Adi dengan masyarakat peserta yang hadir.

“Serentak masyarakat menjawab tidak ada,”.

Jadi ternyata jawabannya sama dari semua desa tempat kami kampanye baik didaratan maupun pulau. Menurut H. Suwadi, bahwa inilah yang menjadi persoalan.

“Nah, ini yang menjadi persoalan karena program kegiatan yang dikampanyekan petahana merupakan patrol pemerintah bekerja selama lima tahun. Namun faktanya tidak sesuai hasil yang diharapkan masyarakat. Justru mereka bekerja keluar rel. Lalu apa alasan kita semua untuk mempertahankan,” ungkap H. Adi.

Lanjut H. Adi menyampaikan seandainya program ini terlaksana, tidak ada yang susah bagi pemerintah. Apalagi maju dalam pilkada, petahana adalah lawan berat. Siapapun diantara kita, saya dan Pak Zainuddin pasti berpikir untuk melawan bupati.

“Lalu apa yang terjadi dengan kubu sebelah, saat ini jika melakukan kampanye bukannya data dan kinerja yang mereka sampaikan. Justru hasil survey yang dibahas dan diklaim tinggi, lucu kalau survey tinggi untuk apa turun melakukan kampanye. Kenapa tidak tinggal dirumah sampai menunggu tanggal 9 Desember. Namun bagi saya ini hanya untuk menggiring opini masyarakat bahwa mereka kuat padahal kenyataannya mereka Panik,” tutup H. Adi

orasi selanjutnya oleh calon Bupati Dr. Zainuddin. Ia mengungkap proses diawal maju pilkada melawan Bupati, bahwa saat ini atas berkat dukungan masyarakat, ZAS punya modal besar untuk maju.

Kita didukung dua kendaraan, pertama dukungan indipenden dan kedua dukungan partai. Artinya kesemuanya ini adalah modal besar bagi team ZAS untuk memenangkan pilkada 9 Desember 2020. Tidak ada kabupaten kota yang ikut pilkada di Sulawesi Selatan yang lolos indipenden selain Kapupaten Kepulauan Selayar,” jelas Zainuddin.

Dikatakannya, perlu diketahui bersama bahwa APBD Selayar tahun ini kurang lebih 1.3 Triliun. kurang lebih 500 miliar belanja pegawai dan 800 miliar belanja pembangunan. Belanja pembangunan inilah yang kita akan mediasi melalui program  ZAS bermalam satu malam di desa.

“Jadi ZAS nantinya akan datang kembali setelah terpilih ke Desa ini guna menyerap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga APBD kita pro rakyat untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Selayar. Insya Allah,” tutup H. Zainuddin dengan serius.

Sekedar diketahui pula, pasangan calon nomor urut 1 terus memaksimalkan ikhtiarnya. Di hari bersamaan, calon wakil Bupati Aji Sumarno juga menggelar kampanye terbatas di Dusun Liaganda,  Desa Pulo Madu, Kamis malam (12/11/2020).

Editor:  HR*