Webinar UKSW : Bangun Indonesia sama dengan Bangun Indonesia Timur

by -157 views

PAPUA, SULAWESIPOS.com – Universitas Kristen Satya Wacana menggelar seminar berbasis internet atau webinar yang bertajuk; “Membangun Kawasan Indonesia Timur sama dengan Membangun Indonesia; Merajuk Kebinnekaan Mewujudkan NKRI Kuat”, Kamis siang (12/12/2020).

Chairman Garuda Food Group, Dr (HC) Sudhamek AWS, SE, M.Sc, P.Hd dalam sambutannya mengatakan bahwa bicara pembangunan yang maju maka tentu tentang kesejahteraan dalam infrastruktur. Ia menilai pembangunan tidak melihat apakah di barat atau timur tetapi kesamaan berbagai akses dalam pembangunan.

Indonesia yang besar bukan milik daerah tertentu tetapi semua daerah menjadi bagian dari NKRI.

“kita jadi satu dalam bangsa Indonesia agar menjadi kokoh antar satu dengan lain. Ini yang kami lakukan berkat kerjasama dengan rekan-rekan dari kepolisian dalam menguatkan kesamaan hak, akses dan pengembangan yang lebih baik.” ucapnya.

Sementara ditemapat yang sama, Tenaga Ahli Kedeputian V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM, Laus Deo Calvin Rumayom menilai terjadi ketimpangan luar biasa dikawasan indonesia timur seperti Papua, Papua Barat, Maluku dan NTT, padahal potensi SDA cukup besar namun faktanya masih berada dalam indek kemiskinan.

Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya membangun kawasan Timur indonesia yaitu pengembangan kawasan Biak, pengembangan kawasan perbatasan darat dan laut (Pos Lintas) menjadi isu strategis nasional 2020 dan 2021-2023.

Namun menurutnya pelaksanaan pembangunan di indonesia bagian timur maka Pemerintahan Jokowi harus membangun berlandaskan kebihnekaan sebagai asset sekaligus kekuatan, regenerasi calon pemimpin berkarakter sesuai dengan nilai pancasila.

“Pendekatan yang dipilih pemerintah dimana semua pendekatan yang ditekankan adalah pendekatan keamanan seperti pendekatan antropologis, pendekatan kesejahteraan dan lain lain “ ucapnya