Dugaan Pemerasan Terjadi di Tubuh Polres Selayar, Ketua LAMAK Tanadong Desak Tindak Tegas Pelakunya

by -108 views

SELAYAR, SULAWESIPOS.COM — Insiden yang terjadi di tubuh institusi kepolisian khusus di Polres Kepulauan Selayar kini menjadi sorotan publik.

Pasalnya, Kasat Reskrim Polres Selayar (Iptu AM) diduga tidak hanya melakukan pelecehan tapi juga diduga terlibat dalam tindakan pidana pemerasan. Akibatnya dicopot dari jabatannya sebagai Kasat Reskrim Polres Selayar.

Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun, setelah Iptu AM dicopot dari langsung dimutasi ke Polda Sulsel dengan posisi setingkat Kasar Serse.

Dalam proses penanganan kasus tersebut, Ketua Lingkaran Aktivis Mahasiswa Anti Korupsi (LAMAK) Tanadoang, Sabaruddin memberi dukungan moril terhadap penegak hukum.

Menurutnya, pelaku harus tetap diproses dengan tegas karena insiden ini telah mencoret nama baik institusi kepolisian. Hal ini tidak semestinya terjadi dalam ruang lingkup aparat penegak hukum.

“Insiden ini tentunya menjadi tamparan terhadap institusi kepolisian, maka pelaku mesti di proses sesuai prosedur hukum yang berlaku. Aparat harus tegas, tidak boleh pandang bulu ya,” ujar Sabaruddin, Minggu (16/08/2020).

Lebih lanjut, Ketua Himpunan mahasiswa Islam Cabang Makassar ini mengatakan, bahwa aparat kepolisian itu dalam tindakannya mempunyai aturan tersendiri termasuk dalam tata krama. Mulai dari etika sampai dengan ucapannya yang dapat membuat orang tersinggung pun itu juga telah diatur.

Olehnya itu, Bang Bar sapaan akrab alumni STKIP YPUP Makassar ini berharap insiden yang telah mencoret nama baik institusi kepolisian ini tidak terulang kembali. Apalagi terlapor diduga tidak hanya melakukan pelecehan verbal tapi juga telah terlibat dalam tindak pidana pemerasan.

“Saya kira perlu ditindak tegas, tidak ada pengecualian apakah karena dia juga sebagai aparat kepolisian, semua harus diberlakukan sama di mata hukum,” tegasnya.

 

“Justru disinilah tantangan penegak hukum kita, bagaimana membuktikan keadilan hukum itu dari dalam rumahnya sendiri,” pungkas Ketua LAMAK Tanadoang, Sabaruddin.

 

 

Editor : HR*