Evaluasi Hasil Belajar Mahasiswa, STIP YAPI BONE Gelar UAS Semester Ganjil

by -188 views

SULAWESIPOS.COM, BONE – Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) YAPI Bone melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil untuk Tahun Akademik 2019/2020.

Jumardi selaku Humas STIP YAPI Bone saat dikonfirmasi mengatakan, UAS akan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 10 hingga 12 Februari 2020.

“Alhamdulillah, dari hari pertama tidak ada kendala apapun, baik mahasiswa yang ujian maupun pengawas ruangan tak temukan kendala,” ungkap Jumardi, S.Pd, M.Kes.

Dia menambahkan, peserta UAS ganjil tersebut merupakan Mahasiswa dari prodi Agribisnis, Agrobisnis Perikanan, dan Agroteknologi.

Dirinya menjelaskan bahwa UAS merupakan salah satu kegiatan evaluasi hasil belajar mahasiswa.

“Hal ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan mahasiswa dalam menerima, memahami, dan menguasai bahan studi yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, dan menilai per­ubahan sikap dan keterampilannya,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan UAS, juga untuk mengetahui pencapaian hasil belajar mahasiswa yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam kurun waktu studi tertentu.

“Untuk mengetahui efektivitas pro­ses pembelajaran dan untuk menetapkan derajat hasil belajar dalam kategori cumlaude, sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang, dan gagal,” jelas Maddi sapaan akrabnya.

Ia pun berharap hasil ujian mahasiswa di semester ganjil lebih meningkat.

“Harapan kami semoga hasil ujian mahasiswa meningkat dan mendapat nilai yg maksimal,” harapnya.

Dia menambahkan, bahwa setelah pelaksanaan ujian semester ganjil pihaknya akan kembali melaksanakan sosialisasi di sekolah jelang penerimaan Mahasiswa Baru.

“Setelah kegiatan ini kami siap2 Untuk Sosialisasi di sekolah2 penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2020/2021. Dan persiapan KKN Semester 8,” imbuhnya.

Editor: Yusuf Muhammad al-Fatih