Sekwan Baru Disetujui, Anggota DPRD Bone Ramai-ramai Soroti Kebijakan Bupati Bone

by -43 views

SULAWESIPOS.COM, BONE – Usulan Bupati Bone terkait pemberhentian dan pengangkatan sekretaris DPRD (Sekwan) yang disetujui oleh pimpinan sementara DPRD Bone terus menjadi perhatian sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone.

Pengusulan Sekwan baru yang langsung disetujui oleh pimpinan sementara DPRD Bone dinilai keliru dan terburu-buru, lantaran Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sampai hari ini belum terbentuk dan pimpinan denitif belum dilantik, sedang yang menyetujui usulan tersebut berstatus pimpinan sementara yang batas kewenangannya telah diatur dalam TATIB DPRD Bone yang acuannya terdapat pada PP 12 tahun 2018.

Hal tersebut diungkapkan Fahri Rusli Angggota DPRD Bone dari Fraksi Partai Gerindra, menurutnya usulan Sekwan Baru  diduga tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Apa yang dilakukan eksekutif hari ini inkonstitusional, pengusulan Sekwan Baru telah melanggar UU 23 Tahun 2014 Pasal 205 Ayat 2,” ujar Fahri saat dihubungi sulawesipos.com

Andi Haryanto Bausad Anggota DPRD Bone dari Partai Nasdem juga angkat bicara persoalan pengusulan Sekwan menurutnya, kebijakan pihak eksekutif dalam hal ini Bupati Bone bisa berdampak buruk bagi pemerintah daerah ke depannya

“Kebijakan atas pengusulan Sekwan Baru terkesan sangat dipaksakan itu bisa memaksa kami anggota DPRD Bone untuk melakukan hak interpelasi terhadap Bupati, itu tentu sebagai upaya konstitusional kami selaku Anggota DPRD,” tutur Andi Haryanto Bausad.

Sementara itu, H Askar dari Fraksi PKS mengatakan, kalau hak interpelasi ini menjadi pilihan alternatif rekan-rekan dewan haruslah sesuai prosedur sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Salah satu fungsi Anggota DPRD adalah melakukan kontrol terhadap kerja-kerja eksekutif, sekiranya ada hal yang dianggap melenceng dan keluar dari peraturan yang berlaku maka tentu DPRD bisa menggunakan haknya, salah satunya adalah hal interpelasi,” ungkap H Askar.

Ramai persoalan pengusulan Sekwan Baru juga disoroti oleh Calon Pimpinan Definitif dari Fraksi PAN Andi Wahyudi Taqwa, menurutnya persoalan tersebut akan menjadi agenda penting tak kala dirinya nanti telah dilantik menjadi pimpinan DPRD yang defenitif.

“Kalau memang hal tersebut menjadi keinginan bersama dewan maka tentu akan kita kawal dengan baik,” kata pria yang akrab disapa AWT ini.

Untuk diketahui, Bupati Bone mengusulkan Sekretaris DPRD Bone yang baru dan langsung disetujui oleh pimpinan Sementara DPRD Bone Andi Akbar Yahya dalam rapat yang digelar di Ruang Banggar DPRD Bone, Pada Selasa 3 Oktober 2019 lalu.

Editor: Yusuf Muhammad Alfatih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *