SAR Bone Giat Sosialisasi Deteksi Dini Beacon

by -26 views

SULAWESIPOS.COM, BONE – Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Bone aktif melakukan sosialisasi deteksi dini Beacon di Pelabuhan Bajoe, Bone, Sulsel pada Senin (23/09/2019).

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan memasang banner registrasi Beacon yang bertujuan untuk memudahkan Basarnas dalam mengetahui posisi kapal maupun orang yang mengalami kecelakaan atau dalam keadaan bahaya.

Andi Sultan Koordinator Basarnas Bone, disela-sela kegiatan sosialisasi Pemasangan Banner Registrasi Beacon. Mengatakan bahwa, dengan melakukan registrasi di Beacon kapal yang hilang atau yang mengalami kecelakaan bisa dengan cepat untuk dilacak keberadaannya.

“EPIRB atau Emergency Position Indicating Radio Beacon adalah alat yang ada dikapal yang fungsinya mirip kotak hitam di Pesawat Terbang yakni ketika kapal dalam keadaan darurat maka akan segera mengirimkan signal,” ujar Andi Sultan.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, Beacon sendiri terbagi menjadi 3, Yaitu EPIRB (Emergency Position Indicating Radio Beacon) dipergunakan pada kapal laut, ELT ( Emergency Locator Transmitter) dan digunakan untuk pesawat terbang dan PLB (Personal Locator Beacon) digunakan perorangan di lokasi terpencil.

Registrasi dan pedaftaran beacon sendiri dapat dilakukan langsung pada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS)

“Pendaftarannya langsung ke Basarnas dan Gratis tanpa dipungut biaya,” pungkasnya.

Editor: Yusuf Muhammad al-Fatih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *