Pemuda Borneo Sambut Baik Perpindahan Ibukota ke Kalimantan

by -658 views

SULAWESIPOS.COM, JAKARTA – Ratusan pemuda asal Kalimantan yang tergabung dalam komunitas Borneo Muda menyatakan dukungan kepada Pemerintah atas usulan pemindahan ibukota negara ke Kalimantan. Mereka menilai sudah saatnya Pemerintah membangun Kalimantan.

Sejak berdiri Ibu kota negara sudah tiga kali mengalami perpindahan. Namun, hanya berputar dibagian barat Indonesia, masyarakat yang berdomisili di zona tengah dan timur Indonesia tidak pernah melakukan protes terhadap perpindahan itu.

“Pemindahan ibukota sudah ada sejak dulu, Ibukota negara pernah pindah ke Bukittinggi Sumatera Barat, di Bireuen Aceh dan pernah dipindahkan ke Yogyakarta. Kini Pemerintah mengusulkan perpindahan Ibukota ke Kalimantan, selaku pemuda Borneo saya sangat berterima kasih atas usul Bapak Presiden Jokowi tersebut,” kata Harianto Minda Presedium Nasional Borneo Muda di sela-sela kegiatan car free day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (25/08/2019).

Menurut Harianto, dirinya mengaku bangga Kalimantan menjadi pilihan perpindahan ibukota. Ia yakin perpindahan ini akan berdampak terhadap pemerataan pembangunan di Kalimantan.

“Pak Jokowi mengambil kebijakan memilih memindahkan Ibu Kota Negara ke zona tengah dalam hal ini kalimantan adalah langkah Berani dan strategis. Pilihan kebijakan perpindahan Ibu Kota negara ke kalimantan agar tercipta konsentrasi antara pusat kota pemerintahan dan pusat kota bisnis. Pemerintahan di Kalimantan (Zona Tengah) dan Bisnis tetap di Jakarta (Zona Barat), jika itu terjadi kedua wilayah ini akan semakin kuat dan solid,” ujar mantan Ketua PB HMI ini.

Harianto juga berharap usulan perpindahan ibukota tersebut tidak sebatas wacana. ia ingin pernyataan Presiden Jokowi tersebut segera direalisasikan. Kalimantan sudah sangat siap menjadi Ibukota. Terlebih lagi banyak lahan kosong disana. Saat ini, kata dia, sebagian lahan kosong di Kalimantan hanya dimanfaatkan oleh koorporasi dan perusahaan swasta.

“Daripada dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan, alangkah baiknya dipergunakan untuk kepentingan bangsa, kepentingan kita bersama-sama seluruh rakyat di Kalimantan pada khususnya dan di seluruh Indonesia pada Umumnya,” pungkasnya.

Editor: Yusuf Muhammad al-Fatih