Tertinggal, 600 Desa di Jabar Akan Dipasang Internet Gratis

by -84 views

SULAWESIPOS.COM, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus menggenjot program digitalisasi jaringan internet gratis untuk desa tertinggal diwilayahnya, saat ini sudah 155 desa dari 600 desa tertinggal telah dipasangi jaringan internet dan layanan WiFi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Jawa Barat Setiaji mengatakan pihaknya telah menargetkan tahun 2019 program tersebut telah rampung.

“Sudah 155 desa dari 600 desa yang masuk kategori tertinggal terpasang jaringan internet, namun kami akan melakukan evaluasi terlebih dahulu dari yang sudah terpasang,” ungkap Setiaji, usai acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Pada Kamis (22/8/2019).

Setiaji menuturkan, evaluasi tersebut menitikberatkan dari sisi pemakaian serta efek dari hadirnya jaringan internet di tengah-tengah masyarakat, dengan adanya program digitalisasi ini masyarakat bisa lebih produktif, utamanya dari sektor ekonomi.

“Di sisi lain kami juga akan berdiskusi kepada desa yang belum dipasangi jaringan internet, apakah mereka mau menggunakan model yang lama atau yang baru,” katanya sebagaimana dikutip galamedia.

Dirinya menjelaskan, bahwa ada dua metode yang akan didiskusikan yakni memperbesar kapasitas bandwidth juga metode pemberdayaan. Hal ini agar manfaat dari pemasangan WiFi gratis disejumlah desa lebih dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Untuk saat ini kita pasang dengan kapasitas dua Mega, coverragenya juga tidak banyak. Dipakai lima orang saja sudah kesulitan,” pungkasnya.

Editor: Yusuf Muhammad al-Fatih