Caleg Terpilih PKS Tanda Tangani Pakta Integritas Bela Pancasila dan Haramkan Korupsi

by -307 views
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, disela-sela kegiatan pembekalan Caleg terpilih PKS di Hotel Mercure Jakarta, Senin (5/8/2019) sumber: kompas

SULAWESIPOS.COM, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melaksanakan kegiatan pembekalan kepada seluruh caleg DPR dan DPRD terpilih periode 2019-2024 di Hotel Mercure, Jakarta Barat, Senin (5/8/2019).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera disela-sela acara, mengatakan dalam kegiatan ini setiap Caleg PKS terpilih diwajibkan menandatangani pakta integritas yang berisi kewajiban para caleg untuk membela NKRI dan Pancasila hingga larangan praktik korupsi.

“Isi Pakta Integritas mencakup kesediaan mereka untuk membela NKRI dan Pancasila, patuh terhadap aturan organisasi (AD/ART), menjaga kebhinekaan dan yang paling utama mengharamkan praktik-praktik KKN, korupsi kolusi dan nepotisme,” kata Mardani.

Ia mengatakan, dalam proses penandatanganan pakta integritas tersebut para caleg didampingi langsung oleh Presiden PKS Sohibul Iman.

Dirinya menambahkan, bagi caleg yang tidak dapat memenuhi pakta integritas tersebut, maka akan langsung diberi sanksi tegas dari partai.

“Siapa saja yang tidak memenuhi pakta integritas ini, siap-siap diberi sanksi tegas. Kami semua bertandatangan diatas materai. Menurut hemat saya ini sangat positif karena menjadi penguatan institusi partai,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, salah satu hal strategis yang menjadi pembahasan adalah pentingnya berperan sebagai opsisi demi perkembangan proses demokrasi di Indonesia.

“Dikesempatan ini kami ingin memberikan pemahaman dan keyakinan kepada para caleg kita bahwa oposisi itu mulia dan menjadi ikhtiar kita membangun demokrasi yang berkualitas,” kata Sohibul Iman.

Dirinya melanjutkan, respon para caleg sama seperti suara di akar rumput PKS yang mendorong partainya agar berada di luar koalisi partai pendukung pemerintah.

“Respon caleg dan akar rumput sudah sejalan. Saya banyak menyerap aspirasi dari halalbihalal yang dilaksanakan kader. Mereka belum ditanya saja udah bilang stand di luar yah. Ini caleg terpilih juga mintanya gitu,” lanjut dia.

Dalam kegiatan ini, terdapat empat materi yang disampaikan kepada para Caleg PKS, yakni mempersiapkan caleg bekerja sebagaimana tupoksi di DPR dan DPRD, visi misi PKS, kewajiban menjalankan fungsi advokasi bagi masyarakat, dan peran aktif dalam berdiplomasi luar negeri.

Editor: Yusuf Muhammad al-Fatih