Wakili Ayahanda Terima Penghargaan KPAI, AHY Tegaskan Kaum Perempuan & Anak Adalah Pilar Utama Kemajuan Bangsa

by -321 views
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diwawancarai awak media usai mewakili SBY menerima penghargaan dari KPAI

SULAWESIPOS.COM, JAKARTA – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mewakili Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara pemberian Piagam Penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di MNC Conference Hall iNews Tower, Jakarta, Pada Jumat (19/7/2019) malam.

Pemberian penghargaan khusus tersebut diberikan kepada SBY atas komitmen dan konsistensinya menerbitkan berbagai program dan kebijakan yang ramah anak pada saat dirinya menjabat sebagai Presiden RI.

Dalam sambutannya, alumni Oxford University ini mengucapkan banyak terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada orang tuanya sekaligus tak lupa dirinya memberikan selamat bagi para penerima anugerah lainnya.

Tak lupa AHY turut menyampaikan tiga pesan pokok yang dititipkan oleh SBY kepadanya.

“Pertama, negara harus senantiasa menempatkan agenda pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sebagai prioritas utama dalam proses pembangunan bangsa ke depan. Sebab, kaum perempuan dan anak merupakan pilar utama bagi keberlanjutan suatu bangsa,” tutur AHY.

“Kedua, berdasarkan pengalaman kami dari berkeliling nusantara dan mengunjungi wilayah-wilayah lain, baik yang terdampak bencana, konflik, hingga peperangan, menunjukkan bahwa anak-anak dan kaum perempuan merupakan kelompok yang hampir selalu paling terdampak oleh perubahan situasi sosial dan juga alam. Untuk itu, dalam konteks ini, prioritas perlindungan anak harus terus dipegang teguh,” lanjut AHY.

“Ketiga, anak-anak merupakan tunas bangsa. Masa depan bangsa ini ditentukan oleh mereka. Untuk itu, segala bentuk upaya pembangunan harus senantiasa diorientasikan pada peningkatan kualitas hidup anak Indonesia. Kualitas perlindungan anak harus terus ditingkatkan. Anak-anak harus terus dipersiapkan dan diberdayakan untuk menyambut masa depan yang lebih gemilang,” tutup AHY disambut tepuk tangan meriah para undangan.

Kegiatan penganugerahan KPAI ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, dan merupakan kegiatan pemberian anugerah ke-3 dengan mengangkat tema “Indonesia Ramah Anak di Era Milenial,” setelah sebelumnya pernah diadakan pada tahun 2015 dan tahun 2016.

Selain SBY, KPAI juga memberikan penghargaan khusus kepada Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri atas kepeloporan berdirinya KPAI melalui Keputusan Presiden tentang Komisi Perlindungan Anak Indonesia pada masa pemerintahannya.

Untuk diketahui, kegiatan pada malam tersebut juga memberikan penghargaan kepada musisi legendaris Titiek Puspa yakni Lifetime Achievement Perlindungan Anak oleh KPAI.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Susana, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan. (YMA/editor)