Unan Nasution ‘Pahlawan Kebersihan’ Masyarakat Bone

by -799 views

BONE, SULAWESIPOS.COM – Kalau tidak mau membersihkan jangan mengotori, itu pesan Unan Nasution tokoh pemuda asal Bone yang pagi itu bersama dengan beberapa pemuda tanggung berjibaku membersihkan sampah yang mulai membusuk di pemukiman warga.

Dengan bermodalkan sebuah motor bak sampah dan semangat, Wahyunan dan beberapa pemuda Lonrae mulai memunguti satu persatu sampah hingga jalan yang dipenuhi sampah kotor dan membusuk tersebut hilang dari pandangan.

Proses belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah An-Nurain Lonrae yang terganggu akibat bau sampah yang menyengat, tampak guru mengenakan masker dan para siswa tampak menutup hidungnya.

Sampah akhir-akhir ini memang tengah menjadi persoalan di Kabupaten Bone, sebelumnya beberapa pihak terkait pengelolaan sampah saling tuding, saling menyalahkan sampai lempar tanggung jawab.

Saat ditemui disela-sela aktivitasnya Wahyunan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan Bakti Sosial yang sudah sekian kalinya dilakukan oleh warga masyarakat, di Lingkungan Benteng, Kelurahan Lonrae, Kabupaten Bone, Sulsel, Jumat (14/06/2019).

“Alhamdulillah, kerja bakti hari ini berjalan lancar, persoalan ini merupakan tanggungjawab bersama kita sebagai warga negara yang baik,” ujar Wahyunan.

Menurutnya, sampah yang berserakan di jalan tersebut sudah membusuk dan mulai menganggu aktivitas warga, ironisnya sampah-sampah itu tidak jauh dari sarana ibadah dan tepat berada dibelakang sebuah Madrasah Tsanawiyah hingga menganggu proses belajar mengajar.

“Kami memohon kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah sembarang, sampahnya berada pas dibelakang sekolah hingga menganggu aktivitas belajar mengajar, ini kami lakukan untuk kesekian kalinya, tanpa kerjasama masyarakat hal ini tidak akan terwujud,” ujarnya.

Bakti Sosial warga kelurahan Lonrae, mereka berjibaku membersihkan sampah yang berserakan sepanjang Jalan Benteng, di Kelurahan Lonrae, Bone, Sulsel, pada Jumat (14/06/2019) pagi

Dirinya juga menghimbau, kepada seluruh keluarga, tetangga, teman dan sahabat serta masyarakat sekitar agar jangan membuang sampah sembarangan.

“Sampah yang dibuang sembarangan bisa menimbulkan penyakit dan tentu akan menganggu aktivitas warga masyarakat, terlebih lagi sampah ini tidak jauh dari sarana ibadah,” pungkasnya.

Editor: Yusuf Muhammad al-Fatih