Bantu Petani Jagung di Bulukumba, Insan Cendekia Usung 3 Program Unggulan

by -781 views

BULUKUMBA, SULAWESIPOS.COM – Petani jagung di Bulukumba menghadapi tiga masalah utama.

Para petani saat ini kesulitan akses permodalan, selanjutnya minimnya produktivitas jagung petani juga masih menjadi salah satu hambatan petani untuk berkembang selain itu, stabilitas harga jagung (akses pasar) juga masih menjadi pekerjaan rumah bersama.

Hal tersebut diungkapkan Ichi Indrawan Direktur Insan Cendekia dalam keterangan tertulisnya terkait program pendampingan petani jagung di Desa Balleanging dan Desa Balong, Kecamaran Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Selasa (9/4/2019).

“Model programnya berupa memberikan fasilitas permodalan kepada para petani, pemilihan bibit unggul, transfer knowledge terkait dengan teknologi budidaya jagung, dan yang paling penting adalah memfasilitasi pemasaran pasca panen,” ungkapnya.

Hingga saat ini Insan Cendikia telah mengawal puluhan kelompok petani jagung dengan luas area 20 ha.

Ichi Indrawan menambahkan bahwa, lewat program pendampingan oleh Insan Cendekia ketiga persoalan tersebut akan terselesaikan dengan baik hingga tidak ada lagi petani yang mendapatkan masalah dibelakang hari.

“Program ini semoga mampu menjadi solusi atas berbagai masalah yang sering dihadapi para petani kita. Kedepan kita berharap dengan program Insan Cendekia ini para petani dapat menikmati hasil pertaniannya dan tentunya mereka dapat hidup layak dan sejahtera,” terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, target musim tanam selanjutnya diperkirakan sampai 500 Ha. “Program ini juga turut melibatkan generasi milenial sebagai pendamping para petani,” pungkasnya. (*)

Ahmad Yusuf At-Thalib