Penangkapan Ketum PPP Romahurmuziy Diduga Terkait Suap Jabatan di Kementerian Agama

by -255 views

SURABAYA, SULAWESIPOS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy Alias Romi di Jawa Timur, Jumat (15/3/2019).

Penangkapan dilakukan sekitar pukul 08.00 Wib. Saat ini Romi tengah menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jawa Timur.

KPK melakukan penangkapan terhadap Romi karena diduga terlibat dalam suap jabatan di Lingkungan Kementerian Agama.

Sementara itu Ketua KPK Agus Raharjo membenarkan ihwal adanya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan petugas KPK di Jatim pagi hari tadi.

“Betul ada giat KPK di Jatim, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim. Statusnya akan ditentukan sesuai KUHAP setelah selesai pemeriksaan. Tunggu konpers lanjutannya di KPK nanti malam/besok pagi,” kata Agus

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari salah seorang penyidik KPK. Rommy ditangkap karena diduga terlibat dalam suap jabatan di lingkungan Kementerian Agama.

“Suap jabatan di kemenag,” ujar salah seorang penyidik saat ditanya terkait ihwal penangkapan Rommy.

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal DPP PPP Arsul Sani mengaku tidak tahu informasi tentang penangkapan Romi oleh KPK.

Arsul mengatakan tengah berada di daerah pemilihannya. “Saya lagi cek semuanya karena saya sedang di dapil Jateng X,” kata Arsul, sebagaimana dikutip dari laman kompas.id

Romi menjadi Ketua Umum PPP kedua yang harus berurusan dengan KPK setelah sebelumnya Suryadharma Ali yang juga mantan Menteri Agama yang saat ini juga masih mendekam di penjara karena perkara korupsi.

KPK sebelumnya menetapkan Suryadharma sebagai tersangka dalam kasus korupsi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2010-2013. (YMA)