PARLEMENTARY THRESOL 4% NASIONAL

by -582 views

Oleh: Haeril Kacong

SULAWESIPOS.COM, OPINI – Apa itu Parlementary Thresol, dia adalah benda mati yg akan hidup pada tgl 17 April 2019 nanti, yg artinya ambang batas bawah perolehan suara partai politik untuk masuk Senayan.

Artinya bahwa setelah perhitungan suara tgl 17 April nanti, Partai Politik mulai panas dingin, bahkan menggigil lantaran menunggu hasil perhitungan suara secara Nasional. Setelah perhitungan rampung 100% dengan contoh sbb:
DPT = 180.000.000 Anggaplah Suara Sah = 179.000.000 Nah suara Sah x PT 4% = 179.000.000 x 4% = 7.160.000, angka inilah yg menentukan Nasib Partai Politik apakah mereka ikut perhitungan Tahap selanjutnya. Atau tersingkir KO pada Tahap Pertama (Tinju nieee)?

Bagi partai Politik yang tidak dapat memenuhi angka perolehan suara sebanyak 7.160.000 itu, maka dipastikan KO (Knock Down). Seperti biasanya kalau pertandingan Tinju bila lawan sudah KO maka pertandingan dihentikan. Eh jangan baper dulu belum selesai penjelasan.

Pertanyaan selanjutnya “bagaimana jika salah satu caleg dari Partai yg KO tadi mendapat suara 1.000.000 apakah dia tetap lolos? Tentu tidak lolos karena anggota dewan lolos bukan calon independen, tetapi dicalonkan oleh partai politik sehingga mereka duduk di senayan sebagai utusan partai setelah melalui seleksi rakyat. Istilah kasarnya rumahnya tidak berhasil berdiri tentu pemilik tidak bisa tinggali. Adalagi pertanyaan geli seperti ini lari kemana suaranya? Jawaban saya lari ke partai lain.

Karena tidak lolos PT maka suaranya tidak bermakna apa-apa, trus bagaimana dengan keterwakilan rakyat yg telah memilih dia, namun tidak lolos? ya rakyat tetap terwakili namun saluran aspirasi pindah ke yg mewakilinya walaupun rakyat tadi tidak memilihnya. Nah disinilah diuji kapabilitas seorang Anggota Dewan, apakah dia tetap menyerap aspirasi rakyat walaupun dia tau rakyat yang bersangkutan tidak memilihnya. (Ingat Sumpah Jabatan).

Lalu bagaiamana dengan partai tidak lolos PT 4% Nasional tetapi berhasil memperoleh Kursi di DPR Provinsi atau DPRD Kabupaten? Jawabnya, Partai Politik KO secara Nasional tetapi dapat kursi di Provinsi atau Kabupaten maka calegnya yang terpilih di provinsi atau Kabupaten tetap dilantik karena Aturan PT tadi tidak berlaku di Provinsi dan Kabupaten.

Sebenarnya apa Tujuan PT ini? Sesungguhnya PT dibuat untuk menyaring Partai Politk selama 25 tahun yg pada akhirnya nanti tahun 26 hanya 3 Partai Politik agar supaya memudahkan pengendalian dan pencegahan Korupsi. Rancangan 3 Partai Politik saja, 1 partai Nasionali, 1 Partai Nasionalis Religius dan 1 Partai Penyeimbang, demi mencegah deadlock di parlement.

Mengapa partai harus dibatasi, pertama Efisiensi Anggaran, pengendalian korupsi, akselerasi Pembangunan. Dan memudahkan identifikasi masalah sosial, hukum, budaya, ekonomi, dll. (YMA)