Mengenal Lebih Dekat Andi Sukmono, Master Komunikasi Politik UI Caleg Provinsi Partai Demokrat

by -778 views

BONE, SULAWESIPOS.COM – Ibarat panggung orkestra, pemilu memiliki empat komponen utama yakni, pemilih, kontestan, penyelenggara dan media. Bagi Andi Sukmono, bila keempat memainkan simfoni yang harmonis, pemilu akan menjadi pergelaran yang menggembirakan (berkualitas, red).

“Tetapi bila ada satu yang sumbang, tentu tak menarik didengar dan ditonton,” ungkap deklarator Gerakan Pemilih Cerdas pada Pemilu 2009 ini, Minggu (3/3/2019).

Pemilu yang menggembirakan, lanjutnya, mesti dipikul sebagai tanggungjawab bersama karena masing-masing kita sesungguhnya memiliki peran. “Pemilih cerdas memilih, kontestan berkompetisi secara fair, penyelenggara netral dan media patuh pada prinsip jurnalisme sehingga informasi yang sampai ke pemilih benar dan berimbang,” jelasnya.

Andi Sukmono lahir di Bone, 5 Agustus 1980 dari pasangan (Alm) H. Andi Kumba Massenge dan Hj. Andi Kartini. Bapaknya adalah seorang guru, dan ibunya seorang ibu rumah tangga yang telaten mengasuh delapan orang anak-anaknya.

Pada tahun 1985, Andi Sukmono didaftarkan orang tuanya di SDN 198 Arasoe, Kabupaten Bone, setelah tamat, ia kemudian dikirim orang tuanya nyantri di Pondok Pesantren Darul Ar’qam Gombara, selama enam tahun mengeyam pendidikan (MTS dan MA). Di Pesantren itulah, kegemarannya pada dunia tulis menulis tumbuh melalui pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang digemarinya.

Saat reformasi digulirkan 1998, Andi Sukmono memutuskan mendalami dunia tulis menulis dengan menempuh jurusan jurnalistik di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Fajar Makassar, saat ini UNIFA.

Selain kuliah dan bekerja sebagai wartawan, pergolakan dunia aktivis juga menuntunnya aktif di Himpunan Mahasiswi Islam (HMI), hingga didapuk sebagai Ketua Umum Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Makassar (2000-2001) dan Ketua HMI Cabang Makassar (2001-2002).

Andi Sukmono menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi pada tahun 2004, dengan skripsi “Nasionalisme dalam Novel Lie jangan panggil Aku Cina: Sebuah Analisis Semiotik.”

Tahun 2006, Andi Sukmono melanjutkan studi di Program Pascasarjana Universitas Indonesia (UI), Jurusan Manajemen Komunikasi Politik, sekaligus aktif sebagai Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswi Islam (PB-HMI).

Ia menyelesaikan studi di UI dengan tesis “Komunikasi Politik Incumbent Wakil Presiden: Studi Kasus Komunikasi Politik Jusuf Kalla dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2009.”

Andi Sukmono merupakan pria yang gemar menulis puisi, cerpen dan artikel di berbagai media lokal dan nasional dengan nama AS Kumba, saat ini, Andi Sukmono tercatat sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dari Partai Demokrat, Andi Sukmono maju melalui daerah pemilihan (Dapil) 7 Kabupaten Bone. (YMA)