AJI Gandeng Internews dan Kedutaan Belanda Gelar Workshop dan Fellowship Pemilu

by -1,325 views

JAKARTA, SULAWESIPOS.COM – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerjasama dengan Internews dan Kedutaan Belanda, akan menggelar program Workshop dan Fellowship “Mengawal Pemilihan Umum  Berperspektif Keragaman dan Hak Asasi Manusia”.

Febrina Galuh, dalam siaran tertulisnya mengatakan, program ini akan diikuti sebanyak 25 orang jurnalis terpilih yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti rangkaian kegiatan training yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para insan pers mengenai pemilihan umum berperspektif HAM dan memperhatikan hak kelompok minoritas.

“Ini merupakan program peningkatan kapasitas jurnalis untuk mengenal lebih jauh mengenai apa dan bagaimana memastikan pemilihan umum memperhatikan keragaman dan hak kelompok minoritas serta menerapkan prinsip HAM,” jelasnya.

Ia menambahkan, para peserta juga akan dilatih mengenai bagaimana meliput tema ini sesuai standar profesionalisme dan Kode Etik Jurnalistik. Serta, bagaimana membuat liputan berbasis data yang menarik dan mudah dipahami oleh publik mengenai isu tersebut.

Sementara itu, Putri Tirtasari saat dikonfirmasi mengenai jadwal kegiatan menyampaikan bahwa, pelatihan workshop dan fellowship pemilu tersebut akan diadakan di 5 kota besar se-Indonesia.

“Akan digelar di Jakarta pada, 9-10 Maret 2019, menyusul Kota Solo 16-17 Maret 2019, selanjutnya, di Kota Makassar tanggal 23-24 Maret 2019, setalah Makassar berlanjut ke Medan pada 30-31 Maret 2019, terakhir di Kota Jayapura 6-7 April 2019,” terangnya.

Terkait kepesertaan, ia menjelaskan bahwa peserta adalah para Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun.

“Program ini akan diikuti sebanyak 25 jurnalis terpilih di tiap kota terpilih di Indonesia,” tambahnya.

Putri Tirtasari juga menerangkan petunjuk teknis menjadi peserta dalam kegiatan tersebut, berikut beberapa tahapan menjadi peserta dalam kegiatan Workshop dan Fellowship Pemilu.

Bagaimana cara menjadi peserta kegiatan ini?
Untuk dapat menjadi peserta, Anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Form ini: http://bit.ly/trainingpemiluAJI

Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini.

Bagaimana proses setelah seleksi?
Peserta terpilih akan mengikuti training selama 2 hari sesuai tempat pelaksanaan yang telah dipilih sebelumnya. Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini.

Program ini juga akan menanggung biaya belajar selama 2 hari termasuk material pendukung, makan selama workshop berlangsung, dan biaya penggantian transportasi lokal. Panitia tidak menyiapkan akomodasi. AJI akan memilih 10 usulan yang menarik untuk mendapatkan fellowship liputan, dengan pagu liputan sebesar Rp. 2.500.000,-.

Perlu informasi lebih lanjut?
Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com dengan subjek: Workshop dan Fellowship Pemilu

Atau dapat menghubungi Sdri. Febrina Galuh 0818-0421-7279, Putri Tirtasari: 0823-2323-8462