Jelang Diskusi Publik, KNPI Pohuwato dan Educare Institute Ajak Pemuda Kawal Pemilu

by -912 views

POHUWATO, SULAWESIPOS.COMDewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pohuwato dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan Diskusi Publik Dengan Tema “Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2019”

Bertindak sebagai pelaksana kegiatan itu Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bidang Hukum dan HAM Kabupaten Pohuwato bekerjasama dengan Educare Institute Pohuwato.

Kegiatan diskusi itu rencana akan dilaksanakan pada, Kamis, 28 Februari 2019 bertempat di  Warung Kopi 008 Blok Plan Marisa Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo Pukul 15.00 WITA.

Koordinator Kegiatan, Akram Detu saat diwawancarai sulawesipos.com mengatakan, bahwa kegiatan mengundang Rinto W. Ali S. Pd.,  M. Si (Ketua KPU Kabupaten Pohuwato), Zubair S.  Mooduto, SH., MH (Ketua Bawaslu Kabupaten Pohuwato), AKBP. Agus Widodo, S. Ik., MH (Kapolres Pohuwato) dan juga akan menghadirkan perwakilan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Pohuwato H. Syarif Mbuinga, S. Pd.I, SE., MM.

“Kami berharap agar masyarakat Kabupaten Pohuwato khususnya pemuda-pemuda, akademisi,  tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat bisa menghadiri dan mensukseskan kegiatan yang kami laksanakan,” kata Akram pada, Sabtu (25/2/2019).

Ia menambahkan, selain diskusi tentang kepemilikan kegiatan ini juga bertujuan sebagai media silaturahmi untuk membicarakan bersama upaya-upaya apa yang akan kita lakukan dalan hal mengawasi jalannya proses demokrasi baik pemihan Presiden dan Wakil Presiden, serta pemilihan Anggota Legislatif DPR RI,  DPD RI,  DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten Kota.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Bidang Hukum dan Ham KNPI Pohuwato Dedriyanto Dalanggo, SH, menyampaikan harapannya agar para pemuda-pemudi OKP/OKPI, DPK KNPI Se Kabupaten Pohuwato, LSM/ORMAS Se-Kabupaten Pohuwato bisa ikut hadir pada kegiatan yang akan DPD KNPI bersama Educare Institute

“Kegiatan diskusi ini juga akan dirangkaikan dengan ramah tamah bersama relawan demokrasi, simulasi pencoblosan dan kotak suara, puisi musikal, dan diakhiri dengan penyusunan rekomendasi,” ujar Dedri.

Dedri berharap lewat kegiatan ini kita ingin tahu sudah sejauh mana kinerja KPU Pohuwato sebagai penyelenggara dalam hal sosialisasi dan pengawasan BAWASLU terhadap penyelenggaraan pemilu 2019 dari tingkat Kabupaten hingga Desa.

“Tiada eloknya kita sebagai elemen pemuda berdiam diri dalan hal menghadapi pesta demokrasi mendatang, melalui diskusi begini mari sama-sama kita sukseskan pemihan umum 17 April 2019 mendatang,” pungkas Dedri sembari meneriakkan MARI BUNG KITA KAWAL PEMILU…!!!

Reporter: Sinto Ali
Editor: Zainal Marzain