Kaji Konsep Sekolah Alam dan PKBM, Mahasiswa PNF UMPAR Studi Lapangan ke Tanah Toraja

by -627 views
Studi lapangan prodi pnf umpar di tanah toraja

PARE-PARE, SULAWESIPOS.COM – Mahasiswa Pendidikan Nonformal (PNF) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) mengadakan kegiatan studi lapangan di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Enrekang.

Tujuan studi lapangan tersebut untuk melihat dan mempelajar konsep-konsep pengembangan masyarakat desa melalui PNF.

Studi lapangan ini dilaksanakan dari tanggal 19 – 22 Februari 2019, dengan melibatkan mahasiswa program studi pendidikan non formal bersama dengan dosen pengarah dan pembimbing.

Ketua Prodi PNF Dra. Nurhanah Ibrahim, M.Pd yang mendampingi mahasiswa selama kegiatan dilaksanakan mengatakan, bahwa, selain untuk belajar juga untuk mensosialisasikan Prodi PNF di masyarakat. Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka mengembangkan dan memperkenalkan institusi di masyarakat.

“Adapun lembaga yang dikunjungi diantaranya
Natsir Eco School di Toraja. Sekolah ini berbasis pada alam. Tujuan mahasiswa berkunjung di lokasi ini agar mahasiswa mampu memahami konsep sekolah alam yang menggunakan pendekatan pembelajaran dan pengelolaan pendidikan nonformal,” kata Nurhanah Ibrahim, Jumat (22/12/2019).

Sementara itu, Bapak Natsir, selaku pengelola dan owner ‘Natsir Eco School’, berpesan agar mahasiswa mampu membuka lembaga serupa di daerahnya masing masing agar anak-anak mahir berbahasa Inggris sejak dini dan menghargai alam sebagai suatu sumber belajar yang baik.

“Saya harap adik-adik mampu menerapkan ilmu sekembalinya dari studi lapangan ini,” harap Natsir.

Lokasi kedua di Kabupaten Enrekang mahasiswa berkunjung ke PKBM (pusat kegiatan belajar masyarakat) Rezky Amaliya yang letaknya di Kecamatan Masallae. Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa dibekali pengetahuan tentang konsep PKBM berbasis potensi alam. Selain itu mahasiswa juga mengunjungi rumah produksi UMKM yang dikelola oleh Bapak Enggus selaku Ketua PKBM.

Informasi, prodi PNF juga melakukan kerjasama dan penandatanganan MoU dalam rangka pengembangan PNF di Sulawesi Selatan khususnya di kawasan Ajatappareng.

Citizen Reporter: Ismail
Editor: Zainal Marzain