Kisah Perjalanan Hidup AG. Prof. Dr. H. M. Rafii Yunus Maratan MA, Bag. 1

by -626 views
Dokumentasi pribadi: AG. Prof. Dr. H. M. Rafii Yunus Maratan MA

SULAWESIPOS.COM, TOKOH – Segalah puji dan syukur KepadaNya ALLAH Subhanahu Wa Taala atas segalah rahmat dan hidayaNya pada kita semua karena sampai hari ini kita masih diberi kesehatan. Alhamdulillah pada kesempatan ini admin sedikit akan berbagi tentang kisah perjalanan hidup Pimpinan Pondok Pesantren As’adiyah Prof. Dr. H. M. Rafii Yunus Martan, MA yang merupakan refrensi dari terbitan Majalah Mimbar As’adiyah Edisi 1 yang baru baru terbit.

Tak pernah terbayangkan dalam benak Anregurutta Prof. Dr. H. M. Rafii Yunus Martan, MA jika dikemudian hari akan menjadi pemimpin organisasi / lembaga pendidikan besar dengan ratusan cabang yang tersebar dilebih dari setengah jumlah provinsi seantero nusantara, yakni Pesantren As’adiyah yang berpusat di Jalan Veteran Sengkang Sulawesi Selatan.

Beliau mengawali jenjang pendidikan dengan belajar di Madrasah Arabiyatul Islamiyah (MAI) Belawa yang didirikan oleh Ayahanda Anregurutta Kyai Haji Yunus Maratan pada usia 6 tahun atau sekitar tahun 1947. pada masa itu Gurutta belajar kita kuning dan Bahasa Arab dari Ayahanda (Gurutta Yunus Maratan) sedangkan menghafal Al-Qur’an beliau dibina lansung oleh Anregurutta Kyai Haji Abdul Malik Muhammad.