Sosok Eka Tjipta Widjaja Konglomerat Indonesia Ini Ternyata Anak Jalanan di Makassar

by -574 views
Sumber Foto: aksi.id

MAKASSAR, SULAWESIPOS.COM – Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia pada 26 Januari 2019 dalam usia 97 tahun dikediamannya di Menteng, Jakarta Pusat dan disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Tak banyak yang tahu sosok Eka Tjipta Widjaja pada tahun 2011, menurut Forbes, Eka Tjipta menduduki peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia, dengan total kekayaan US$8 milliar. Kemudian pada tahun 2018, dia tercatat memiliki asset senilai US$ 13,9 milliar (Rp 201,5 triliun) dan menduduki peringkat kedua orang kedua terkaya di Indonesia menurut perhitungan Globe Asia.

Eka Tjipta Widjaja terlahir dengan nama Oei Ek Tjhong pada tahun 1921 di Quanzhou, Provinsi Fujian (Hokkian), Tiongkok. Eka Tjipta adalah putra dari seorang pedagang yang berpusat di Makassar (Sulawesi Selatan).

Eka Tjipta pindah ke Indonesia ketika berusia 9 tahun, dalam buku otobiografinya Eka Tjipta hanya lulus sekolah dasar di Makassar. Hal ini dikarenakan kehidupannya yang serba kekurangan. Ia harus merelakan pendidikannya demi membantu orangtuanya menyelesaikan hutangnya di rentenir.

Setelah menyelesaikan sekolah dasarnya, di usia 17 tahun Eka Tjipta mulai usaha pertamanya dengan menjual biskuit di Makassar. Namun, usahanya tidak berjalan lama karena adanya pajak yang besar, saat itu Jepang tengah menjajah Indonesia. Pada tahun 1950, ia mulai berdagang kopra sampai ke Pulau Selayar.

Ketika berusia 37 tahun, ia pindah ke Surabaya, Jawa Timur. Di Jawa Timur, ia memiliki kebun kopi dan kebun karet di Jember yang merupakan hasil kerja kerasnya. Pada tahun 1969, ia mendirikan pabrik minyak kelapa, CV Bintang Manado Oil Limited (Bimoli).

Puncaknya, pada tahun 2006 namanya masuk daftar orang terkaya di Indonesia di Majalah Bisnis Dunia, Forbes. Menurut majalah tersebut, pada tahun 2013 namanya menduduki peringkat ke-2 sebagai orang terkaya di Indonesia. Saat ini bisnisnya dikelola anak dan cucunya, bisnis yang dibangun Eka Tjipta Widjaja sudah merambah ke berbagai sektor di bawah bendera Sinar Mas Group.

Kini pemilik Sinar Mas Group tutup usia, bisnis yang ditinggalkan menggurita diberbagai sektor bisnis, prinsip dan ketekunannya merintis usaha layak dijadikan referensi bagi mereka yang sementara merintis usahanya.

Untuk diketahui, Eka Tjipta Widjaja rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga Besarnya di Desa Marga Mulya, Karawang, Jawa Barat.

Sumber: Wikipedia
Editor: Zainal Marzain