Hanya Lulus Sekolah Dasar, Ini Rahasia Sukses Eka Tjipta Widjaja Pendiri Sinar Mas Group

by -174 views
Sumber: BERKRIM.COM

MAKASSAR, SULAWESIPOS.COM – Eka Tjipta Widjaja pendiri Sinar Mas Group tutup usia pada, Sabtu 26 Januari 2019 dalam usia 97 tahun dikediamannya di Menteng, Jakarta Pusat dan disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Eka Tjipta Widjaja di kenang oleh banyak kalangan. Ilmu, keuletan dan kesuksesannya merintis dan membangun bisnisnya dikagumi banyak kalangan dari pejabat hingga sesamanya penguasa.

Eka Tjipta telah membangun group Sinar Mas hingga menjadi group terkemuka di Indonesia. Group yang didirikannya tersebut bergerak diberbagai sektor bisnis, dari kertas, agribisnis, jasa keuangan, komunikasi, teknologi, energi, infrastruktur dan lainnya.

Melalui usaha-usaha tersebut membawa pria kelahiran Quanzhou, 27 Februari 1921 yang hanya lulusan sekolah dasar di Makassar ini masuk jajaran orang terkaya di Indonesia.

Pada 2018, kekayaan miliarder tertua di Indonesia ini menyusut USD 500 juta. Meski demikian, dia berada di peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan Eka Tjipta Widjaja mencapai USD 8,6 miliar pada 12 Desember 2018 berdasarkan versi Forbes.

Sejumlah perusahaan grup Sinar Mas pun sebagian mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut antara lain PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSA), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI). Selain itu, ada PT Smartfren Telecom Tbk (SMAR), PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA), dan PT Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Dalam merintis dan membangun bisnisnya, pria yang hanya lulusan sekolah dasar di Makassar ini memiliki rahasia untuk mencapai kesuksesannya. Dalam filosofi kehidupannya, Eka Tjipta mengutamakan kejujuran dan kredibilitas di segala lini kehidupannya.

“Jujur, menjaga kredibilitas, tanggung jawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan maupun terhadap sosial,” ucap Eka Tjipta Widjaja seperti dikutip di situs resmi Sinar Mas.

Sinar Mas sendiri berawal ketika almarhum Eka Tjipta Widjaja yang ketika itu masih bernama Oei Ek Tjhong dan baru menjejak usia 15 tahun, berwirausaha menjajakan biskuit dan permen dengan mengendarai sepeda ke penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Awal mulai karier bisnisnya saat Indonesia masih berada dalam penjajahan Belanda, yakni pada 3 Oktober 1938. Meski hanya lulusan sekolah dasar, baginya tak harapan dan cita-cita yang terlalu tinggi.

Segala tantangan dilalui Eka Tjipta dalam mengembangkan bisnisnya, membangun jaringan dan reputasi bisnis. Dalam membangun bisnisnya menjadi bisnis global, Sinar Mas Group senantiasa memperhatikan konservasi lingkungan dan kualitas hidup karyawan mereka.

“Beliau itu orangnya sangat humble dan rendah hati, sesuai dengan ideologi beliau. Beliau itu menyebarkan ajaran bahwa orang harus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, baik itu keluarga dan masyarakat sekeliling,” katanya.

Gandi menyebutkan, ajaran tersebut turut Eka Tjipta Widjaja tuangkan dalam 6 filosofi yang hingga kini dipegang Sinar Mas, antara lain Integritas, Sikap Positif, Berkomitmen, Perbaikan Berkelanjutan, Inovatif, dan Loyal.

“Filosofi jujur, menjaga kredibilitas, dan bertanggung jawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan maupun terhadap sosial menjadi kompas hidupnya, yang kemudian bermetamorfosis menjadi nilai-nilai luhur Sinar Mas,” urainya.

Sumber: Merdeka.com dan Wikipedia
Editor: Zainal Marzain