Bupati Bombana H. Tafdil Terima Penghargaan BPJS Ketenagakerjaan

by -732 views
Sumber: poskotanews.com | Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis (tengah) bersama penerima penghargaan.

JAKARTA, SULAWESIPOS.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan berikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bombana.

Selain Pemkab Bombana, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan penghargaan kepada dua daerah lainnya yakni, Pemkot Palu dan Minahasa.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi atas inisiatif pemerintah tersebut dalam mendaftarkan masyarakat pekerjanya yaitu Pegawai Pemerintah Bukan Aparatur Sipil Negara (PPBASN) dan Aparat Desa di tahun 2018 sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Pembayaran iuran PPBASN ini juga telah menganggarkan dalam APBD 2019 untuk kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E, Ilyas Lubis, usai penyerahan penghargaan di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan, Jumat (25/1/2019), dikutip dari laman poskotanews.com.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis kepada Bupati Bombana, H. Tafdil, SE, MM ; Wakil Walikota Palu, Sigit Purnomo Said ; dan Bupati Minahasa Royke Octavian Roring.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten/Kota Bombana, Palu dan Minahasa atas dukungannya dalam menjalankan program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakatnya, khususnya Pegawai Pemerintah Bukan Aparatur Sipil Negara (PPBASN) dan Aparat Desa yang telah di daftarkan pada tahun 2018 dan menganggarkan kembali iuran pendaftarannya di tahun 2019 ini,” ujar Ilyas.

Selain itu Ilyas juga  mengapresiasi seluruh bentuk peraturan yang berupa kewajiban ataupun himbauan yang telah diterbitkan oleh masing-masing daerah kepada masyarakat pekerjanya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengacu pada Undang-Undang BPJS Nomor 24 Tahun 2011 dan Undang-undang SJSN Nomor 40 Tahun 2004.

“Jika kita mengacu pada Undang-undang tersebut, maka seluruh pekerja berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial yang dilaksanakan oleh Badan Penyelenggara yang dibentuk oleh Undang-undang itu sendiri dan  tidak dalam bentuk PT ataupun lainnya,” jelasnya.

BPJS Ketenagakerjaan sebagai badan hukum publik menyelenggarakan program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun.

“Kami berharap semoga Kota Palu, Kabupaten Minahasa dan Bombana dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya untuk bersama-sama kami menjalankan program pemerintah dalam menjamin kesejahteraan pekerja di seluruh wilayah Indonesia,”pungkas Ilyas.

Artikel ini sudah tayang di poskotanews.com dengan judul: Pemkot Palu, Minahasa dan Bombana Dapat Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan

Editor: Yusuf Muhammad