Ketua MUI Bone Meninggal Dunia Pas Adzan Dhuhur Berkumandang

by -4,538 views
dokumen pribadi AGH Abdul Latif Amin

BONE, SULAWESIPOS.COM – Kabar duka kembali menyelimuti Bumi Arung Palakka. Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Bone, AGH Abdul Latif Amin meninggal dunia disaat adzan Dhuhur berkumandang, beliau wafat di umur 87 tahun di RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar pukul 12.00 WITA, Minggu 13 Januari 2019.

Ucapan turut berdukacita dan berbelasungkawa pun berdatangan, salah satunya dari keluarga besar Bupati Bone Bapak Dr. H. Andi Fashar M. Padjalangi, M.Si “Menghaturkan duka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya kerahmatullah Gurutta KH. Abdul Latif Amin (Ketua MUI Kabupaten Bone) semoga almarhum mendapatkan tempat yang layak disisi Allah SWT, dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, ketabahan dan kesabaran dalam menerima cobaan ini, al-Fatih, Amin YRA” kata Andi Fashar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/1/2019).

Berikut sekilas profil AGH Abdul Latif Amien (Ketua MUI Kabupaten Bone), lahir di Kota Watampone, Kabupaten Bone pada tanggal 1 Desember 1932. Ayahnya adalah seorang Wakil Qadhi (Hakim) di Bone. Ketika berusia 7 tahun, ia diantar orang tuanya untuk belajar mengaji di daerah Bone bagian selatan selama 2 tahun.

Setelah itu, beliau kembali ke Watampone untuk memperdalam ilmu bahasa Arab seperti sharaf dan nahwu. Pada tahun 1944, atau umur 14 tahun, beliau selesai di SR Negeri, dilanjutkan pada level Tahdiriyah dan selesai tahun 1947, dan tiga tahun atau 1950 selesai pada jenjang Ibtida’iyah, kedua jenjang terakhir ia selesaikan di Madrasah Amiriah Bone di bawah bimbingan Syekh Mahmud Abdul Jawad, mantan mufti Madinah yang pernah membantu Al-Bugisi di MAI Sengkang.

Pada tahun 1950-1954, Abdul Latif Amien melanjutkan pendidikan di MAI Sengkang di bawah asuhan Al-Bugisi, selain mengikuti program khusus hafalan Al-Qur’an di lembaga Majelisul Qurra’ wal-Huffazh yang juga dikelolah oleh ulama lulusan Haramayn dan Al-Azhar, Al-Mishrī (w. 1951) dan Al-Bugisi sendiri.

Abd Latif Amien pernah memegang beberapa jabatan penting, antara lain, Purna Bakti Kepala Seksi Urusan Haji Kabupaten Bone, Penilik Pendidikan Agama, Kepala Kantor Urusan Agama Bone Selatan (Kajuara, Salomekko, Kahu, Libureng, dan Bontocani), Kepala Madrasah Aliah Negeri Kajuara, Bone, Kepala Madrasah Aliah Ma’had Hadits, Biru.

Sebelum wafatnya beliau aktif dan menjabat sebagai Ketua Dewan Mustasyar NU, Ketua MUI Kabupaten Bone, Ketua IPHI, Penasehat SATKAR Ulama Bone, dan Ketua Yayasan Pendidikan Ma’had Hadits Biru.

Reporter: Zainal/Bone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *