Desak Pemerintah Legalkan Aktivitas Pertambangan, Ratusan Penambang Datangi Dinas PU Bone

by -807 views

BONE, SULAWESIPOS.COM – Ratusan penambang pasir galian C yang tergabung dalam Asosiasi Penambang Arung Palakka mendatangi Kantor Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan.

Sekitar 800 truck memadati jalan di depan kantor Dinas PU Kabupaten Bone, dan sempat membuat arus lalulintas macet hingga beberapa saat.

Kedatangan ratusan sopir dan para penambang ini terkait dengan tuntutan mereka terhadap revisi aturan RT/RW di tahun 2019 ini.

Mukhawas koordinator aksi, dalam orasinya meminta pemerintah segera melakukan revisi aturan RT/RW dan memasukkan semua kecamatan untuk dapat melakukan aktivitas penambangan.

“Ini menyangkut persoalan hajat hidup orang banyak. Ratusan orang yang hadir ditempat ini butuh makan dan menghidupi anak dan keluarganya,” tegas Mukhawas, pada Kamis (10/1/2019).

Mukhawas menambahkan, bahwa demi kelangsungan hidup masyarakat dan demi kelancaran pembangunan di Bone. Pemkab Bone harus segera menjalin komunikasi dengan pihak terkait termasuk para penegak hukum agar segera menemukan solusi.

“Beri kami kebijakan untuk tetap melanjutkan kegiatan kami tanpa saling kejar-kejaran apalagi saling menyalahkan antar satu pihak dengan pihak lainnya,” ujarnya.

Informasi, sejak adanya aturan RTRW aktivitas penambangan pasir galian C di Bone tidak tertata dengan baik, saling tuding dan saling menyalahkan antar satu pihak dengan pihak lainnya kerap mewarnai aktivitas para penambang di Kabupaten Bone.

Reporter: Yusuf al-Fatih