Aktivitas Tambang di Jalur Trans Sulawesi Semakin Meresahkan Pengguna Jalan

by -917 views
sumber foto Radar Bone

BONE, SULAWESIPOS.COM – Jalan Trans Sulawesi Bone-Wajo tepatnya di sepanjang bantaran sungai Walennae terancam lumpuh. Lantaran, amblasnya beberapa titik di Desa Solo Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Saat ini, tercatat sedikitnya tiga titik ruas jalan telah amblas, hal itu jika dibiarkan berlarut-larut, maka Jalur Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Bone dan Kabupaten Wajo, serta beberapa Kabupaten di Sulsel ini terancam terputus. Tiga titik yang amblas tersebut panjangnnya bervariasi, mulai dari 8 meter, 10 meter bahkan 12 meter, dengan luas titik amblas tersebut mencapai 2 meter.

Amblasnya jalan tersebut disebabkan, pendangkalan sungai Walannae di sepanjang poros Bone-Wajo, diduga menjadi pemicu utama amblasnya jalan di jalur ini. Ancaman abrasi kini menghantui penduduk yang bermukim di sepanjang bantaran sungai tersebut.

Pendangkalan Sungai Walannae ini, diduga terjadi akibat maraknya aktivitas penambangan pasir di sepanjang aliran Sungai Walannae. Aktivitas tambang terpantau mulaii dari Desa Welado, hingga ke Desa Lea Kecamatan Tellu Siattingnge.

Sementara itu. Ridwan salah seorang pengendara jalan poros Bone-Wajo mengatakan, saat melintas kendaraan miliknya harus pelan dan hati-hati karena kondisi jalan yang sempit dan tanah labil disisi sungai membahayakan pengendara jalan.

“Harus ki hati-hati pilih jalan dek, jalannya sudah sempit, lantas jalur disisi sungai juga sangat membahayakan,” terangnya.

Untuk diketahui, pada September 2018 lalu. Sebuah minibus terbalik saat hendak melintasi jalan amblas di Desa Solo, kejadian ini Viral karena proses evakuasi yang berlangsung lama, untungnya tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut.

Sampai saat ini, aktivitas tambang di sepanjang bantaran Sungai Walannae masih terus berlanjut, belum ada upaya dari pihak terkait untuk segera mengambil sikap untuk menyelesaikan persoalan tersebut diatas.

Reporter: Yusuf al-Fatih