Puluhan Rumah di Bone Porak-poranda Diterjang Puting Beliung

by -869 views
sumber: suarajelata.com

BONE, SULAWESIPOS.COM – Bencana angin puting beliung memporak-porandakan puluhan rumah warga di Desa Tompong Patu, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, sekitar pukul 15.30 WITA, Selasa 8 Januari 2019.

Angin kencang yang disertai hujan lebat ini mengakibatkan sedikitnya 15 rumah warga rusak berat.

Kapolsek Kahu, Iptu Muh. Amin dalam siaran tertulisnya membenarkan kejadian tersebut, menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian ditaksir mencapai 400 juta rupiah.

“Peristiwa ini melanda dua dusun, yakni Dusun Tappeso dan Dusun Tonra, sebagian warga sudah mulai memperbaiki rumahnya, sedangkan sebagian lagi memilih untuk mengungsi kerumah keluarganya. Selain menimpa rumah warga bencana angin puting beliung ini juga menumbangkan beberapa pohon,” terangnya, Senin (8/1).

Iptu Amin juga menambahkan, bahwa pihaknya dan unsur pemerintah Kecamatan telah mendatangi lokasi bencana untuk dilakukan pendataan jumlah korban serta kerugian yang ditimbulkan.

Sementara itu, Camat Kahu Muh. Irfan Nur saat dikonfirmasi sulawesipos.com, sementara berada dilokasi bencana mengatakan, kondisi di lokasi sudah mulai berangsur normal, pihaknya bekerjasama sama dengan aparat kepolisian membantu para korban sekaligus mengidentifikasi jumlah kerugian dan rumah yang rusak akibat bencana.

“Alhamdulillah kondisi sudah mulai berangsur pulih. Untuk saat ini kami bersama beberapa pihak termasuk kepolisian bahu membahu membantu para korban bencana. Warga yang rumahnya rusak berat sementara diungsikan ke rumah keluarga dan kerabat terdekat,” jelasnya.

Irfan Nur juga menyampaikan rasa prihatin yang mendalam kepada para korban, dan berharap agar bencana alam tidak kembali melanda wilayahnya.

“Intinya kita berharap dan berdoa agar tak ada lagi bencana alam yang nantinya dapat menganggu kenyamanan dan merugikan kehidupan warga,” harapnya.

Editor: Yusuf Muhammad