Talkshow Mata Garuda, Ajak Generasi Muda Melek Literasi Digital

by -942 views
foto; sulawesipos.com

BONE, SULAWESIPOS.COM – Mengawali tahun baru 2019, Perhimpunan Awardee dan Alumni penerima beasiswa LPDP (Mata Garuda Bone) menggelar Talkshow Literasi dan Bedah Buku “Homo Deus” karya monumental Yuval Noah Harari di Cafe Magaya Bone, Sulawesi Selatan, Minggu (6/1).

Hadir di kegiatan ini Arwin Sanjaya, Dosen Fisip Universitas Mulawarman dan Mujibur Rahman Mahasiswa Pascasarjana Hukum Unhas sebagai Narasumber serta Pembedah Buku “Homo Deus”.

Sedangkan untuk sesi bincang literasi digital di kupas oleh Agus Durman pegiat literasi dan A. Ashari Ashar Haris founder rumah baca Mabbaraka.

Kegiatan yang mengangkat tema Melek Literasi Digital: Lakon Budaya Kita dan Tantangan Revolusi Industri 4.0 ini dihadiri puluhan peserta yang berasal dari berbagai kelompok pemuda dan mahasiswa, Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah Kab. Bone, Drs. Bakhtiar mengatakan, kegiatan literasi merupakan hal positif dan wajib di apresiasi.

Menurutnya, talkshow ini sangat memantik nalar untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan teknologi digital di masa mendatang.

“Tantangan pemuda di masa yang akan datang jauh lebih besar. Olehnya persiapkan diri dengan baik, kuasai teknologi digital,” tuturnya.

Sementara itu, Irfan Yunus ketua panitia Talkshow didepan awak media, mengatakan para peserta sangat antusias, bahkan lebih dari kuota yang telah disediakan panitia. Pasalnya, menurut dia Buku Homo Deus ini merupakan salah satu buku best seller international dan menjadi perbincangan serius dikalangan milenial.

“Anggitan Harari dengan prediksi yang akan masa depan umat manusia membuat peserta penasaran akan isi buku itu,” kata Irfan Yunus

Dalam sesi tanya jawab dengan para Narasumber, salah satu peserta mengeluarkan kegelisahannya terkait tantangan manusia di masa mendatang akibat hadirnya artificial intelligence yg bisa mengganti pekerjaan manusia.

“Ini mesti menjadi perhatian besar kita sebagai generasi muda. Tidak ada cara lain, selain mempersiapkan generasi muda yang paham dan melek digital dan teknologi,” harapnya.

Mata Garuda adalah Perhimpunan Awardee dan Alumni penerima beasiswa LPDP

Editor : Yusuf Muhammad
Reporter : Yusuf Al-Fatih/BONE