Sekjen Wantanas Letjend Doni Monardo di Tunjuk Sebagai Kepala BNPB

by -855 views

JAKARTA, SULAWESIPOS.COM – Presiden Joko Widodo menunjuk Sekretaris Jendral Dewan Keamanan Nasional Letnan Jenderal Doni Monardo sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Letjen Doni Monardo yang juga pernah menjabat sebagai Komandan Jendral (Danjen) Kopassus ini ditunjuk menggantikan Willem Rampangilei.

Letjen Doni Monardo rencananya akan dilantik oleh Presiden Jokowi, esok hari Rabu (2/1/2019) di Istana Negara, Jakarta pada pukul 09.00 WIB.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi mengkonfirmasi penunjukan Doni sebagai Kepala BNPB.

“Benar Pak Doni Monardo yang menjadi kepala BNPB,” ujar Johan Budi dikutip dari kompas.com, Selasa (1/1/2019).

Sebelum ditunjuk sebagai Kepala BNPB, Jendral bintang tiga kelahiran Cimahi, Jawa Barat ini menjabat sebagai Wantanas sejak sembilan bulan lalu.

Selain itu, Doni dalam karier militernya juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi dan Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura.

Doni Monardo merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1995 juga sempat menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat, Sutopo Purwo Nugroho berharap Kepala BNPB yang baru ini harus siap dalam memberikan laporan dan saran yang tepat bagi presiden dalam setiap kondisi darurat.

“Kepala BNPB itu harus orang pintar, profesional dan dekat dengan presiden. Soalnya dalam kondisi darurat bencana, Kepala BNPB harus memberikan laporan kepada Presiden setiap saat, baik diminta maupun tidak diminta,” kata Sutopo.

Editor : Yusuf Muhammad