Duka Awal Tahun, Longsor 33 Rumah di Cimapag Sukabumi Tertimbun

by -727 views

SUKABUMI, SULAWESIPOS.COM – Peristiwa longsor kembali terjadi di Dusun Cimapag, Desa Sirnareami, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (31/12/2018) ini menyebabkan sedikitnya 32 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggalnya.

Bencana longsor dan menimbulkan korban jiwa ini diawali dengan hujan deras yang mengguyur sekitar Desa Sirnaresmi menyebabkan aliran permukaan di areal hutan dan persawahan.

Kepala Pusat Data dan Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, info sementara sekitar sekitar 107 jiwa penduduk Dusun Cimapag, sudah 5 orang meninggal dunia, 3 orang luka-luka, 61 orang selamat sementara ditempatkan dilokasi pengungsian, sebanyak 38 orang belum ditemukan.

“5 orang dinyatakan meninggal dunia, sebanyak 38 jiwa belum ditemukan dan 61 dalam kondisi selamat dan untuk sementara ditempatkan di pengungsian,” kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/1/2019).

Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI-POLRI, Basarnas, SKPD, relawan dan masyarakat masih terus melakukan pencarian terhadap 38 orang korban yang diduga masih tertimbun rerentuhan longsor.

Sutopo menambahkan, pencarian masih dilakukan secara manual karena alat berat sulit menjangkau lokasi bencana.

“Tiga alat berat sudah disiapkan namun, masih sulit menjangkau lokasi bencana dikarenakan akses jalan yang sempit berbukit dan medannya berat,” tambahnya.

Untuk bantuan, sudah banyak bantuan yang masuk. Namun, terkendala banyaknya masyarakat dilokasi yang ingin menyaksikan langsung peristiwa longsor.

“Wisata bencana ini selalu terjadi setiap ada bencana yang terjadi, masyarakat berdatangan ingin melihat lokasi bencana. Ada juga yang ingin menengok dan membantu kerabatnya yang terdampak bencana,” ujarnya.

AMIR WT/JW