KNPI Dorong Pelatihan Pemuda Indonesia Sadar Bencana Alam

by -567 views

JAKARTA, SULAWESIPOS.COM – Ketua Umum DPP KNPI periode 2018 – 2021 Haris Pertama mendorong agar ada pelatihan khusus bagi pemuda Indonesia untuk sadar dan tanggap terhadap bahaya bencana alam.

Hal itu diutarakan oleh Haris karena melihat keadaan geografis Indonesia yang masuk dalam lingkaran api atau rawan bencana.

Menurut Haris, pelatihan itu penting agar nanti para pemuda Indonesia memiliki peran penting dalam pencegahan atau penanggulangan pasca bencana untuk membantu Basarnas, BNPB dan institusi lainnya.

“Mengingat Indonesia masuk dalam wilayah rawan bencana maka penting untuk menumbuhkan kesadaran bagi pemuda Indonesia melalui pelatihan-pelatihan agar siap menjadi rim rescue jika dibuthkan,” kata Haris di Jakarta, Minggu (30/12/2018).

Haris melanjutkan, saat ini DPP KNPI juga sudah turun langsung untuk memberikan bantuan bagi korban tsunami Selat Sunda yakni wilayah Banten dan Lampung.

“Saya beserta sejumlah kader KNPI didampingi oleh ketua DPD KNPI Provinsi Banten dan DPD KNPI Kota/Kabupaten menyisir sejumlah kantong pengungsi untuk memberikan bantuan secara langsung kepada korban tsunami,” ujar Haris.

Selain itu, KNPI juga mendirikan posko bantuan yang berguna agar menyalurkan bantuan kepada korban bencana. “Sejumlah bantuan yang disalurkan meliputi pakaian, makanan, obat-obatan, susu, tenda dan selimuti diharapkan dapat meringankan beban para korban,” jelasnya.

ANDHIKA/JAKARTA