Doktor Muda Bahasa Arab Ini Ungkap Kriteria Pemimpin Yang Sesuai Dengan Ajaran Islam

by -543 views

SULAWESIPOS.COM – Siapakah pemimpin, jangan terjebak dengan pertanyaan diatas, pertanyaannya sederhana. Tapi, benarkah semua kita memahami makna pemimpin yang sesungguhnya.

Dalam ajaran Islam, ada hadits yang sangat terkenal dan berkaitan dengan kepemimpinan. Yaitu bahwa : “Tiap orang diantara kamu adalah penjaga (pemimpin) dan kamu bertanggungjawab terhadap penjagaan kamu (orang yang dipimpin).

Lantas siapakah sosok pemimpin yang ideal, Menurut Dr. Akmal, pemimpin adalah dia yang tidak meminta imbalan dan dia diberi petunjuk.

Imbalan maksudnya bisa berupa apa saja, entah bentuk barang, ucapan terima kasih, atau penghormatan.

Sedangkan diberi petunjuk maksudku adalah dia memiliki kemampuan, ilmu pengetahuan, bisa jadi juga berpengalaman dalam banyak hal.

Pemimpin yang memenuhi kriteria diatas juga tentu mampu membawa kesejahteraan kepada seluruh pengikutnya (masyarakat).

Hal di atas juga digambarkan dalam Al-Qur’an Q.S Yasin: 21 “Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk”

Fenomena kepemimpinan dewasa ini kelihatannya tidak mencerminkan konsep di atas sehingga banyak kenistaan pada kepemimpinannya.

Untuk mencapai cita-cita Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman), maka yang dibutuhkan mereka yang tampil sebagai pemimpin adalah orang yang tidak mengharapkan imbalan yang pada akhirnya mendapatkan petunjuk dari Yang Maha Kuasa Allah SWT.

Dr. Akmal, S.Pdi., M.Pdi