Menteri Darmin Resmikan Program Pengembangan Santriprenuer dan Petani Muda

by -876 views

JAKARTA, SULAWESIPOS.COM – Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian meresmikan program pengembangan Santriprenuer dan Petani Muda.

Program yang bertujuan untuk mendorong partisipasi pondok pesantren serta organisasi berbasis keagamaan sebagai upaya menekan angka kesenjangan.

“Program ini merupakan implementasi dan tindak lanjut dari kebijakan pemerataan ekonomi dan kongres ekonomi ummat oleh Majelis Ulama Indonesia,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Hal ini diungkapkan oleh Darmin Nasution di depan ribuan santri saat meresmikan program santriprenuer dan petani muda di Pondok Pesantren Pemberdayaan Ummat, Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Darmin menambahkan, saat ini, pemberdayaan ekonomi ummat masih menghadapi tantangan dari segi sumber daya manusia, padahal Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi karena adanya pertambahan penduduk usia produktif.

Untuk itu, Darmin meminta pelaksanaan pilot program yang diinisiasi oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Medco Foundation, dan Yayasan Jam’iyyatul Hidayah di Desa Cibuntu Kabupaten Bogor ini dapat berjalan dengan baik sesuai tata kelola.

“Saya juga berharap ini dapat direplikasi melalui dukungan kelompok usaha lain, BUMN, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi, perbankan, dan organisasi kemasyarakatan,” katanya.

AMIER WT, JKT