THE 33 STRATEGIES OF WAR THE END

by -2,063 views
sumber foto : youtube

By. ROBERT GREENE

BAGIAN V : PERANG NONKONVENSIONAL (KOTOR)

  1. MENCAMPUR FAKTA DENGAN FIKSI : STRATEGI SALAH PERSEPSI

Karena tidak ada makhluk yang mungkin bertahan tanpa kemampuan melaihat atau merasakan apa yang sedang terjadi di sekelilingnya, coba Anda buat musuh kesulitan mengetahui apa yang sedang terjadi di sekeliling mereka, termasuk apa yang sedang Anda lakukan. Coba Anda manfaatkan harapan mereka, mengarang realita sesuai dengan hasrat mereka, maka mereka akan terkecoh sendiri. Coba Anda kendalikan persepsi orang tentang realitas maka Anda mengendalikan mereka.

  1. MENGAMBIL TINDAKAN YANG PALING TAK TERDUGA : STRATEGI BIASA- LUAR BIASA

Orangmengharapkan perilaku ada sesuai dengan pola dan konvensi yang sudah dikenal. Tugas Anda sebagai ahli strategi adalah mengacaukan harapan mereka. Pertama, coba Anda lakukan sesuatu yang biasa dan konvensional untuk memastikan citra mereka tentang Anda, lalu pukul mereka dengan cara yang luar biasa. Terornya akan lebih terasa ketika Anda melakukannya tiba-tiba. Kadang-kadang yang biasa menjadi luar biasa karena tidak terduga.

  1. MENEMPATI MEDAN MORAL YANG TINGGI : STRATEGI KEBENARAN

Di dunia politik, perjuangan Anda harus tampak lebih besar daripada perjuangan musuh. Dengan mempertanyakan motif lawan dan menjadikan mereka tampak jaat, Anda dapat mempersempit basis dukungan mereka dan ruang mereka untuk bermanuver. Ketika Anda sendiri mengalami serangan moral dari musuh yang cerdik, jangan mengeluh atau menjadi marah; lawanlah api dengan api.

  1. MENGHAMBAT PENCAPAIAN SASARAN LAWAN : STRATEGI KEHAMPAAN

Bagi sebagian besar orang, perasaan kosong atau hampa –sepi, terisolasi, tak terlibat dengan yang lain –adalah tak dapat diteloransi. Jangan beri musuh Anda sasaran untuk mereka serang, coba Anda bersikap berbahaya namun tak tergapai, lalu amatilah ketika mereka mengejar Anda ke dalam kehampaan. Daripada pertempuran frontal, coba Anda lakukan serangan-serangan dari samping yang menjengkelkan namun merusak.

  1. SEOLAH-OLAH MENGUPAYAKAN KEPENTINGAN ORANG LAIN SAMBIL MENGUPAYAKAN KEPENTINGAN DIRI SENDIRI : STRATEGI ALIANSI

Cara terbaik utuk memperjuangkan sesuatu dengan upaya serta pertupahan darah menimum adalah dengan menciptakan jaringan aliansi yang terus bergeser, membiarkan orang lain yang mengimbangi kekurangan Anda, melaksanakan tugas kotor Anda, bertempur bagi Anda. Pada saat yang sama, Anda harus berupaya menaburkan pertikaian dalam aliansi orang lain, melemahkan musuh Anda dengan menjadikan mereka terisolasi.

  1. MEMBERIKAN TALI YANG CUKUP KEPADA PARA PESAING UNTUK MENGGANTUNG DIRI : STRATEGI MEMELIHARA KEUNGGULAN

Bahaya paling besar dalam kehidupan sering kali datang bukan dari musuh dari luar  melainkan justru dari mereka yang kita kira adalah kolega dan teman, yang pura-pura bekerja demi perjuangan bersama padahal mereka berkomplot untuk menjatuhkan kita. Coba Anda tanamkan keraguan dan ketidaktentraman pada pesaing seperti itu, dan buat mereka terlalu banyak berpikir dan bersikap membela diri. Coba Anda buat mereka menggantung diri melalui kecendrungan yang merusak diri sendiri, sehingga Anda tetap tak bersalah dan bersih.

  1. MENGGEROGOTI SEDIKIT DEMI SEDIKIT : STRATEGI FAIT ACCOMPLI

Perebutan kekuasaan yang terang-terangan serta kenaikan yang mendadak ke puncak itu berbahaya, menciptakan iri hati, ketidakpercayaan, dan kecurigaan. Seringkali, solusi terbaik adalah dengan menggerogoti sedikit demi sedikit, mencaplok wilayah-wilayah kecil, bermain di atas rentang perhatian orang yang relatif pendek. Sebelum mereka menyadarinya, Anda sudah membangun  sebuah kerajaan.

  1. MENEMBUS PIKIRAN LAWAN : STRATEGI KOMUNIKASI

Komunikasi adalah sejenis perang, medan tempurnya adalah pikiran orang yang ingin Anda pengaruhi, yang cenderung melawan dan membela diri. Sasarannya adalah menembus pertahanan mereka dan menduduki pikiran mereka. Coba Anda belajar menyusupkan ide-ide Anda ke belakang garis pertahanan musuh, mengirimkan pesan melalui kelompok kecil, memancing orang untuk mencapai kesimpulan yang Anda inginkan yang mereka anggap kesimpulan itu sendiri.

  1. MENGHANCURKAN DARI DALAM : STRATEGI PENYUSUPAN

Dengan menyusupi organisasi lawan, bekerja dari dalam untuk merobohkan mereka, Anda menjadikan mereka tidak melihat apa-apa untuk bereaksi –suatu keunggulan hakki. Untuk mengambil sesuatu yang Anda inginkan, jangan bertempur dengan mereka yang memilikinya, tetapi, bergabunglah dengan mereka –lalu silahkan Anda menjadikannya milik Anda secara perlahan-lahan atau menantikan saat yang tepat untuk melakkan kudeta.

  1. MENDOMINASI SAMBIL SEOLAH-OLAH TUNDUK : STRATEGI PASIF AGRESIF

Di dunia di mana pertimbanga politik sangat penting, bentuk agresi yang paling efektif adalah yang paling tersembunyi: agresi di balik penampilan patuh atau bahkan mengasihi. Untuk menggunakan strategi pasif agresif, Anda harus terlihat seolah-olah rukun dengan orang lain, tidak melawan. Padahal sesungguhnya Anda mendominasi situasinya. Pastikan saja agresi Anda cukup tersamar sehingga Anda dapat menyangkal keberadaannya.

  1. MENEBURKAN KETIDAKPASTIAN DAN KEPANIKAN MELALUI TEROR : STRATEGI REAKSI BERANTAI

Teror adalah cara paling hakiki untuk melumpuhkan kemauan orang untuk melawan dan menghancurkan kemampuan mereka untuk merencanakan respons strategis. Sasaran melakukan teror bukanlah kemenangan di medan tempur tetapi menciptakan kekacauan maksimal dan memprovokasi pihak lawan untuk berekasi berlebihan. Untuk merancang strategi lawan yang paling efektif,korban teror harus tetap seimbang. Rasionalitas seseorang adalah garis pertahanan.