THE 33 STRATEGIES OF WAR BAGIAN IV

by -2,383 views
sumber foto : youtube

ROBERT GREENE BAGIAN IV : PERANG MENYERANG

  1. ANDA BOLEH KALAH BERTEMPUR ASALKAN ANDA MENANG PERANG : STRATEGI BESAR

Strategi besar maksudnya adalah seni memAndang jauh mlampaui pertempuran dan membuat perhitungan lebih dahulu. Strategi ini menuntut Anda untuk fokus pada sasaran Anda yang paling hakiki serta cara untuk mencapainya. Biarkan orang lain terperangkap dalam liku-liku pertempurannya, biarkan mereka meraih kemenangan-kemenangan kecil. Strategi besar akan membawa upah yang paling hakiki: menjadi yang terakhir tertawa.

  1. MENGENALI MUSUH ANDA : STRATEGI INTELIJEN

Sasaran strategi Anda hendaknya lebih diarahkan kepada pria atau wanita yang mengelola pasukan musuh daripada pasukan musuh itu sendiri. Kalau Anda memahami cara kerja pikiran, Anda memilih kunci untuk memperdayai untuk mengendalikannya. Latihlah cara membaca pikiran orang lain, menangkap sinyal yang mereka kirimkan di bawah sadar tentang pemikiran serta niat mereka yang paling dalam

  1. MENGATASI PERLAWANAN DENGAN KECEPATAN GERAKAN TIBA-TIBA : STRATEGI SERANGAN KILAT

Di dunia di mana banyak orang ragu mengambil keputusan dan terlalu berhati-hati, menggunakan kecepatan akan membawakan kuasa yang tak terkira. Memukul lebih dahulu, sebelum lawan Anda sempat berpikir atau mempersiapkan diri, akan menjadikan mereka emosional, tidak seimbang dan cenderung membuat kekeliruan.

  1. MENGENDALIKAN DINAMIKANYA : STRATEGI MEMAKSA

Orang terus saja berupaya mengendalikan Anda. Satu-satunya cara agar menang angin adalah menjadikan upaya Anda untuk merebut kendali itu lebih cerdas dan lihai. Daripada berusaha  mendominasi setiap gerakan pihak lawan, coba Anda berupaya mendefinisikan sifat hubungan itu sendiri. Coba Anda bermanuver untuk mengendalikan pikiran lawan Anda, menekan tombol emosional mereka dan memaksa mereka membuat kesalahan.

  1. MEMUKUL DI TEMPAT YANG MENYAKITKAN : STRATEGI PUSAT GRAVITASI

Semua orang mempunyai sumber kekuatan yang menjadi Andalannya. Ketika mempelajari para pesaing Anda, coba Anda mencari sumber tersebut di bawah permukaan, pusat gravitasi yang menjaga keutuhan keseluruhan struktur mereka. Memukul mereka di sana akan mengakibatkan kepedihan yang tak terkira. Coba Anda cari tahu apa yang paling disayangi dan dilindungi pihak lawan –ke sanalah Anda harus memukul.

  1. MENGALAHKAN MEREKA DALAM DETAIL : STRATEGI MEMECAH BELAH DAN MENAKLUKKAN

Jangan pernah terintimidasi oleh penampilan musuh Anda. Sebaliknya, coba Anda pelajari bagian-bagian yang membentuk keseluruhannya. Dengan memisah-misahkan bagian-bagiannya, menaburkan pertikaian dan perpecahan, Anda dapat merobohkan bahkan lawan yang paling tangguh. Ketika menghadapi masalah atau musuh, coba Anda mengubah masalah yang besar menjadi bagian-bagian yang kecil, yang pasti dapat Anda kalahkan.

  1. MENYINGKAP DAN MENYERANG BAGIAN LEMAH LAWAN : STRATEGI BERBALIK

Ketika menyerang secara langsung, Anda menjadikan perlawanan mereka kuat dan menjadikan tugas Anda sendiri lebih berat. Cara yang lebih baik adalah dengan mengalihkan perhatian lawan ke depan, lalu menyerang mereka dari samping, di mana mereka tidak menduganya. Coba Anda pancing orang bereaksi untuk menyingkap kelemahan mereka, lalu memukul mereka dari samping.

  1. MENGEPUNG MUSUH : STRATEGI PEMUSNAHAN

Orang akan menggunakan celah apa pun dalam pertahanan Anda untuk menyeang Anda, jadi, jangan sampai celah Anda tersingkap. Rahasianya adalah dengan mengepung lawan Anda—menciptakan tekanan yang tiada habis-habisnya terhadap mereka dari segala sisi dan menutup akses mereka ke dunia luar. Ketika Anda merasa tekad mereka melemah, hancurkan daya kemauan mereka dengan mengencangkan simpulnya.

  1. MEMANUVER LAWAN KE DALAM KELEMAHAN MEREKA : STRATEGI MEMATANGKAN UNTUK MENUAI

Seberapa pun kuatnya Anda, bertempur habis-habisan itu melelahkan, mahal, dan tanpa fantasi. Para ahli strategi yang bijaksana memilih seni bermanuver. Bahkan sebelum pertempuran dimulai, mereka sudah mencari cara untuk memosisikan lawan dalam kelemahan yang sedemikian rupa sehingga kemenangan mudah dan cepat diraih. Coba Anda ciptakan dilema: ciptakan manuver yang memberi mereka pilihan-pilihan bereaksi yang buruk.

  1. BERNEGOSIASI SAMBIL MAJU : STRATEGI PERANG DIPLOMATIS

Sebelum dan selama bernegosiasi, Anda harus terus maju, menciptakan tekanan yang terus menerus dan memaksa pihak lawan menerima persyaratan Anda. Semakin banyak Anda mengambil, Anda semakin memberikan kembali dalam bentuk kelonggaran-kelonggaran yang tidak berarti. Coba Anda ciptakan reputasi sebagai lawan yang tangguh dan tidak mengenal kompromi, sehingga orang sudah terintimidasi, bahkan sebelum berjumpa dengan Anda.

  1. MENGETAHUI CARA MENGAKHIRI SEGALANYA : STRATEGI JALAN KELUAR

Di dunia ini Anda dinilai dari seberapa baik Anda mengakhiri segalanya. Kesimpulan yang kacau atau tidak utuh mungkin terngiang-ngiang hingga bertahun-tahun mendatang. Seni mengakhiri segalanya dengan baik adalah mengetahui kapan seharusnya Anda berhenti. Tingginya hikmat strategis adalah menghindarkan segala konflik dan kekusutan di mana tidak ada jalan keluar yang realistis.

bersambung…