THE 33 STRATEGIES OF WAR BAGIAN III

by -1,030 views
sumber foto : youtube

BAGIAN III : PERANG BERTAHAN

  1. MEMILIH PERTEMPURAN ANDA DENGAN SAKSAMA : STRATEGI PEREKONOMIAN YANG SEMPURNA

Kita semua memiliki keterbatasan –energi dan keterampilan kita akan mempengaruhi pencapaian kita. Anda harus mengenal batas-batas Anda dan memilih pertempuran Anda dengan seksama. Perhitungan biaya perang tersembunyi : waktu yang hilang, kemauan baik politik yang hilang, musuh yang penuh kepahitan untuk menuntut balas. Terkadang Anda lebih baik menunggu diam-diam melemahkan musuh daripada menyerang secara frontal.

  1. MEMBALIKKAN MEJA : STRATEGI BALAS MENYERANG

Bergerak lebih dahulu –berinisiatif menyerang sering kali akan merugikan Anda. Anda membuka strategi Anda dan membatasi pilihan Anda. Sebagai gantinya, coba Anda temukan kekuatan bertahan dan membiarkan pihak lawan bergerak lebih dahulu, sehingga memberi Anda fleksibilitas untuk balas menyerang dari sudut mana pun. Kalau lawan Anda agresif, pancing mereka untuk menyerang dengan gegabah sehingga posisi mereka lemah.

  1. MENCIPTAKAN KEHADIRAN YANG MENGANCAM : STRATEGI MENGINTIMIDASI

Cara terbaik untuk mengusir penyerang adalah dengan mengintimidasi mereka sejak awal. Bangunlah sebuah reputasi: Anda sedikit gila. Bertempur dengan Anda tidaklah layak. Terkadang ketidakpastian lebih baik daripada ancaman terang-terangan. Kalau lawan Anda tidak pernah mengetahui pasti kehebatan Anda, mereka tidak akan mau mencobanya.

  1. MENUKARKAN TEMPAT DEMI WAKTU : STRATEGI TIDAK MELIBATKAN DIRI

Mundur ketika menghadapi musuh yang kuat bukanlah tAnda kelemahan, melainkan justru tAnda kekuatan. Dengan melawan godaan untuk meladeni penyerang, Anda mengulur waktu –waktu untuk pulih, waktu untuk berpikir, waktu untuk mendapatkan perspektif. Kadang-kadang Anda dapat mencapai paling banyak justru dengan tidak melakukan apa-apa.

Bersambung…