Minim Perhatian, Bupati Soppeng Ungkap Kekecewaan di Festival Lagaligo

by -984 views

Soppeng, SULAWESIPOS.COM – Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak kecewa Festival Lagaligo Tidak Mendapat Perhatian baik dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi, sedangkan dunia kagum.

Hal itu disampaikan Bupati Soppeng saat memberikan sambutan sekaligus menutup Festival Budaya dan Seminar Internasional Lagaligo, di Lapangan Gasis, Soppeng, Senin (23/12) malam.

“Pemerintah pusat, dan Provinsi betul-betul minim perhatian pada even besar seperti ini, padahal dunia kagum,” ungkapnya.

Festival Budaya dan Seminar Internasional Lagaligo ini dilaksanakan di Kabupaten Soppeng, mulai 17 hingga 23 Desember 2018.

Dikatakan dia, naskah Lagaligo sangatlah panjang dan tidak banyak di dunia ini bisa memahami. Maka dari itu, semangat Lagaligo harus dibangkitkan bagaimanapun ini penting untuk menyelamatkan khazanah budaya kita ini.

“Sampaikan ini, kami keberatan perhatian Pemerintah disemua tingkatan sangat minim dengan Lagaligo, ekspose itu. Mau Gubernur, mau Presiden,” kata Bupati dalam sambutannya.

Tidak hanya itu, diapun merasa malu lantaran teater Lagaligo yang seluruh dunia mengangumi. Tapi, pejabat di Sulawesi Selatan sendiri yang ditanya terkait Lagaligo, tidak tahu.

“Ini yang harus kita wariskan kepada generasi kita. Lagaligo memang hanya tulisan, tapi makna terkandung di dalamnya banyak,” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, Festival Lagaligo hanya dibuka oleh Asisten 1 Pemprov Sulsel, pada 17 Desember lalu dan ditutup Bupati Soppeng.

Zainal/Soppeng