Tengok Penampakan Danau Limboto Gorontalo Yang Mengalami Pendangkalan

by -1,574 views

Gorontalo, SULAWESIPOS.COM – Danau Limboto begitu orang menyebutnya, danau yang terletak di Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo ini mengalami pendangkalan serius.

Meski berbagai upaya telah dilakukan pemerintah termasuk mengucurkan banyak anggaran untuk revitalisasi, kondisi danau Limboto semakin buruk.

Nelayan setempat pun mengeluhkan pendangkalan Danau Limboto, salah seorang nelayan Tino Napi (46), warga Desa Pentadio, Kecamatan Telaga Biru, mengeluh karena sejak terjadinya pendangkalan ekosistem kehidupan Danau Limboto berubah drastis.

“Enceng Gondok dan turunnya debit air efek revitalisasi membuat kondisi Danau sangat dangkal, terjadi perubahan iklim pada air sehingga kita bisa jumpai ratusan ikan mati setiap harinya,” tutur Napi, Sabtu, (22/12/2108)

Pendangkalan kata Napi juga mempengaruhi pendapatannya sebagai nelayan di Danau Limboto.

“Sudah 30 Tahun saya menjadi nelayan di danau ini, kondisi danau hari ini sangat buruk, biasanya kami tidak butuh waktu lama untuk mengumpulkan banyak hasil tangkapan, namun sekarang berubah, ikan sulit kami jumpai bahkan banyak yang mati,” lirihnya.

“Pendangkalan ini efek dari revitalisasi yang tidak selesai pengerjaannya, pemerintah harus memberi perhatian khusus untuk ini, kami berharap danau kembali normal dan kehidupan kami sebagai nelayan dapat kembali seperti biasanya,” pungkasnya.

Zainal/Lmb