Jokowi Akan di Sambut Ribuan Warga dan 500 Penari Kolosal di Toraja

by -1,686 views

Makale, SULAWESIPOS.COM – Pemerintah Daerah dan Warga Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan mempersiapkan penyambutan Presiden Jokowi Dodo yang direncanakan menghadiri perayaan Natal Oikumene di Plaza Kolam Makale, pada Minggu 23 Desember 2018.

Victor Datuan Batara selaku Wakil Bupati Tanah Toraja mengatakan, Presiden akan disambut dengan berbagai tarian kolosal dengan nuansa khas Tanah Toraja.

“Persiapan kita sudah sekitar 90 persen, semua elemen masyarakat terlibat didalamnya, para tokoh masyarakat, tokoh adat Tanah Toraja, serta ada 500 orang penari kolosal yang berasal dari anak-anak pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan warga akan menyambut kedatangan bapak Presiden,” jelas Victor, Sabtu (22/12/2018).

Victor menambahkan, kegiatan perayaan Natal 2018 ini akan dipusatkan di Plaza Kolam Makale, kapasitasnya bisa menampung sebanyak 28 ribu warga pengunjung, setelah tari penyambutan Bapak Jokowi akan dijadwalkan mengunjungi patung Yesus Memberkati sekaligus menandatangi prasasti.

“Pak Jokowi akan memberikan sambutan didepan warga dan pengunjung pada perayaan Natal tahun ini, setelah itu bapak Presiden akan bertolak ke Burake untuk menandatangani Prasasti Patung Yesus Memberkati,” jelasnya.

Adapun atraksi budaya yang rencananya akan ditampilkan dalam penyambutan Presiden adalah, Pa’randing Dodo Pandin, Ondo pua, Ma’nani, Ma’lambuk, dan tari Ma’bugi, semuanya menampilkan keragaman budaya dan kearifan lokal masyarakat Tanah Toraja.

Khairul/Trj