Peduli Korban Banjir Banyuwangi, IMM Bersihkan dan Tata Ulang Perumahan Warga

by -1,041 views

LONTARAPOS.COM, Banyuwangi — Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat STIEM Paciran menggelar aksi peduli korban banjir bandang yang melanda daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Aksi peduli ini dilakukan dengan melakukan pembersihan dan penataan ulang rumah-rumah warga yang menjadi korban banjir.

Akibat dari banjir bandang yang terjadi di Banyuwangi ini membuat pemukiman warga rusak parah, sampai berita ini diturunkan genangan air dan pasir akibat banjir belum surut dan membuat aktivitas warga terhenti.

“Kondisi lapangan masih terdapat genangan air dan pasir. Jadi, perlu pembersihan dan penataan ulang karena masih banyaknya lumpur dan kayu juga prabotan rumah rusak dan berceceran,” terang Abdullah Bahris, perwakilan IMM Komisariat STIEM Paciran di sela kegiatan, Minggu (08/07/2018).

Sebagaimana dikutip daulat.co banjir bandang di Banyuwangi menimpa seluruh wilayah di Kecamatan Singojuru, tepatnya di Dusun Garit, Dusun Karangasem, dan Bangun Rejo di Wilayah Alas Malang. Banjir mengakibatkan rusaknya puluhan rumah dan merendam puluhan sarana prasarana publik yang tersedia.

Bahkan ada dua rumah yang rata dengan tanah dan banyak rumah yang seluruh isinya rusak dan hilang. Terutama kondisi air di sana masih membutuhkan kiriman air bersih dari PDAM. Karena sumur-sumur di rumah penuh lumpur. Kendaraan pun banyak yang rusak, bahkan ada yang hanyut terbawa banjir.

“Masih banyak warga khususnya anak-anak masih trauma akibat bencana banjir bandang tersebut,” jelas Abdullah.

Ketua Aksi Penggalangan Dana, Muhammad Iqbal Maulidy dan Ahmad Rois Al Abrar, berharap bantuan berupa uang dan pakaian layak pakai yang digalang dan diberikan berguna dan dapat meringankan beban bagi korban banjir.

“Kami dari IMM Lamongan sebelumnya telah melakukan aksi penggalangan dana di POM Paciran pada 29 Juni 2018 lalu. Terkumpul dana sebesar Rp, 4.567.000 dan 3 kardus pakaian untuk masyarakat di sana,” ucapnya.

Editor : Ahmad Yusuf