Pilkada Sisa Menghitung Hari, Pastikan Anda Terdaftar Sebagai Pemilih, Ini Caranya!

by -946 views

LONTARAPOS.COM, Bone — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 akan digelar serentak di 171 daerah pada Rabu (27/06/2018) minggu depan.

Sebagai warga negara sudah menjadi kewajiban untuk ikut andil dan berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

Olehnya pastikan diri anda telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dengan mengecek nama di masing – masing sekretariat penyelenggara pemilu terdekat atau dengan mengeceknya pada situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Nah, untuk mengetahui apakah Anda sudah terdaftar sebagai pemilih dalam pilkada nanti, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Kunjungi laman resmi KPU di www.kpu.go.id. Setelah masuk, klik menu ‘Portal Publikasi Pilkada dan Pemilu’ pada bagian kiri atas.
  • Selanjutnya, klik ‘Jenis Pemilihan’ di bagian atas. Di sana akan muncul beberapa jenis pemilihan, pilih ‘ PILKADA 2018’ untuk mengetahui keterlibatan Anda dalam Pilkada nanti.
  • Setelah itu, klik menu ‘Pemilih’ pada bagian kanan atas. Pilih menu ‘ Daftar Pemilih Tetap’ atau ‘Daftar Pemilih Sementara’ sesuai informasi yang ingin Anda ketahui.
  • Terakhir, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda dalam kolom yang tersedia dan klik ‘Cari’.
  • Jika Anda sudah terdaftar, maka di layar akan muncul data diri beserta Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat Anda menyalurkan suara.

Selasai. Mudah, bukan?

Bagaimana jika belum terdaftar? Bagi Anda yang belum terdaftar, segera kunjungi kantor KPU kabupaten/kota atau sekretariat PPS di kantor kelurahan/desa sesuai dengan alamat yang ada di KTP-el/surat keterangan.

Atau, datang ke TPS sesuai dengan undangan yang didapatkan. Undangan diberikan paling lambat H-3 pemungutan suara.

Anda bisa tetap menyalurkan suara dengan datang ke TPS tersebut di atas pukul 12.00 dengan membawa serta KTP dan surat undangan.

Sumber : Kompas.com

Editor : Ahmad Yusuf