Kongres HMI Usai, Ilham Akbar Sampaikan Terima Kasihnya

by -925 views

LONTARAPOS.COM, Makassar — Perhelatan Kongres HMI Ke-30 di kota Ambon usai digelar. Kegiatan kongres yang di mulai sejak 14 februari lalu setidaknya telah melahirkan ragam dinamika dan proses yang begitu panjang. Hal ini membuat Ilham Akbar Mustafa sebagai salah satu kandidat ketua umum PB HMI yang ikut di dalam kontestasi kongres merasa bersyukur dan berterimakasih atas seluruh keterlibatan semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan Kongres HMI.

“Kepada Presiden Republik Indonesia, Gubernur dan Pemerintah Provisi Maluku, Walikota dan Pemerintah Kota Ambon, Pihak TNI dan Kepolisian, Rektor dan Civitas Akademika Unuversitas Pattimura, Pengurus KNPI dan OKP-OKP, serta terkhusus kepada segenap masyarakat Kota Ambon dan seluruh pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, saya ucapkan terima kasih banyak atas dukungan dan kerja samanya sehingga Kongres HMI Ke-30 ini dapat berjalan sukses, lancar, dan damai.” imbuhnya.

Ilham Akbar yang memperoleh suara terbanyak ke dua pada kontestasi Kongres HMI Ke-30 di Ambon juga menyampaikan hikmah dan pesan penting yang dihasilkan dari Kongres HMI.

“Kongres HMI merupakan salah satu moment penting dalam tubuh HMI. Tidak sekedar pergantian pemimpin Himpunan, tapi juga proses mematangkan diri para setiap kader HMI dan menentukan arah dan jalan kejuangan HMI selama 2 tahun kedepan, serta merumuskan program dan kebijakan strategis untuk dapat bersinergi dengan pemerintah dalam mencari solusi atas beragam problem kebangsaan hari ini.” tambahnya.

Ilham melanjutkan, kongres HMI merupakan medium percontohan bagi proses berdemokrasi bangsa, kompetisi antar kandidat selama kongres berlangsung memperlihatkan kematangan dan kedewasaan. Ikhtiar politik memenangkan pertarungan dapat dibingkai dengan pendekatan gagasan sehingga identitas HMI sebagai organ inteletual tetap terjaga dan terpilihara.

“Saya memberi penghormatan yang setinggi-tingginya kepada seluruh kandidat yang berkontestasi, sekeras apapun dinamika yang terbangun selama kongres, tidak lain hanyalah _Political Exercise_. Di atas segalanya, perkawanan dan persahabatan serta jalinan silaturahmi yang paling utama. selain itu, kedewasaan dari para pendukung dan peserta dari cabang-cabang memperlihatkan kematangan psikologis untuk menerima hasil. Kesemua itu memberikan pertanda positif bagi kita semua, masa depan demokrasi yang cerah sedang menanti di depan” pungkas Ilham.

Sebagai informasi kongres HMI dibuka langsung oleh Presiden Jokowi di Auditorium Universitas Pattimura, Ambon. Meski sempat molor beberapa hari dari waktu yang ditargetkan, Kongres HMI Ke-30 berlangsung dengan sukses.

Ahmad Yusuf AM Fatwa