Dukungan Ganda Umar – Madeng Pertanyakan Kinerja KPU

by -755 views


LONTARAPOS.COM, Watampone — Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) dr. Rizalul Umar dan DR. Andi Mappamadeng Dewang, M.Si (Umar – Madeng) mempertanyakan kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone.

Pasalnya Bapaslon Bupati Bone yang masuk ketahap verifikasi faktual yang sementara berjalan di tingkat Kelurahan dan Desa, di 27 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bone, ditemukan banyak yang ganda.

Hal itu di sampaikan oleh Kordinator Tim Pemenangan Umar-Madeng, M. Naim, Selasa (13/2/2018) bahwa, banyak yang kami temukan ganda dukungan KTP ditingkat Kelurahan dan Desa dalam proses verifikasi faktual, yakni kegandaan KTP mencapai 5 sampai 10 lembar ditingkat PPS.

“Tim turun langsung kelapangan menyaksikan proses verifikasi faktual, banyak KTP dukungan tiba – tiba ganda,” Ujarnya kepada LONTARAPOS.COM, Rabu (14/01/2018).

Naim juga menambahkan, hasil laporan LO kami dilapangan juga menguatkan bahwa ada indikasi dan unsur kesengajaan penggandaan e-KTP dukungan bapak Umar – Madeng, ini merupakan suatu masalah yang perlu dipertanyakan.

“Padahal, verifikasi admistrasi yang dilakukan KPU Bone, tentunya sudah diteliti dengan baik, nama pendukung, alamatnya, tempat dan tanggal lahirnya bahkan sampai Nomor NIK e-KTP pendukung, kok bisa ganda,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPUD Bone, Aksi Hamzah yang dihubungi via SMS menyampaikan, bahwa bisa saja di temukan ganda karena verifikasi dilakukan secara manual, bukan melalui aplikasi, kata Aksi.

Naim melanjutkan bahwa, dalam verifikasi administrasi lanjutan berkas perbaikan dukungan Umar – Madeng menyerahkan sekitar 50.000 e-KTP dan setelah dilakukan verifikasi administrasi KPU Bone menyerahkan 37.263 ke PPS melalui PPK untuk dilakukan verifikasi faktual.ucap M Naim

Andi Hedar